efek begadang
Foto: Sites at Penn State

Ilmuwan: Sering Begadang Percepat Kematian

Bagi sebagian orang, begadang sudah menjadi suatu hal yang biasa. Bahkan ada yang harus begadang karena jam kerja. Meski begadang dianggap tidak baik bagi kesehatan, faktanya masih saja banyak orang yang sengaja begadang.

Sebuah studi ilmiah membuktikan efek negatif begadang bagi tubuh. Kebiasaan begadang dilaporkan dapat meningkatkan risiko sejumlah masalah kesehatan serius, mulai dari hipertensi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, sleep apnea, hingga kematian dini.

BACA JUGA: 14 Tips Tidur Sehat Berkualitas, Ini Dia

Fakta ini diungkap oleh periset asal Inggris dan Italia. Mereka menganalisis kebiasaan tidur dari 1,3 juta orang, yang dikumpulkan dari 16 studi terpisah. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa orang yang setiap malam tidur kurang dari enam jam cenderung berisiko mengalami kematian dini sebesar 12 persen.

Selain itu, mereka juga menemukan bahwa orang yang mengurangi waktu tidur dari tujuh jam menjadi lima jam atau kurang memiliki 1,7 kali risiko kematian lebih cepat. Lantas apa penyebabnya?

BACA JUGA: Bahaya, Jangan Konsumsi Makanan Ini Sebelum Tidur

Sejumlah penelitian menemukan bahwa tidur malam kurang dari 5 jam dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, tidur yang sering kurang juga dapat memicu terjadinya kekurangan magnesium yang dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah arteri (ateroskelosis). Aterosklerosis dapat meningkatkan risiko Anda terhadap hipertensi, stroke, dan masalah jantung lainnya. [] ⠀
SUMBER: HELLOSEHAT


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *