Unik, Informatif , Inspiratif

Ilmuwan Temukan Enzim Pemakan Plastik

0

Sudah banyak upaya untuk mendaur ulang plastik agar tak menumpuk di alam. Hanya karena susah diurai, menggunung dan mengeluarkan berbagai polusi.

Namun, apadaya jumlahnya terus menumpuk. Hal tersebut menyulut para ahli dunia untuk memberi solusi. Mereka membuat enzim yang bisa “memakan” plastik dan mengatasi polusi dunia.

Sebenarnya, penemuan zat baru ini bisa terbilang tak sengaja. Zat tersebut terbentuk ketika Profesor John McGeehan, ahli biologi dari University of Portsmouth mencoba memverifikasi bakteri dari Jepang yang ditemukan sebelumnya.

Related Posts
1

Definisi Kilogram Segera Diubah

“Kebetulan sering memainkan peran penting dalam penelitian ilmiah fundamental dan penemuan kami di sini tak terkecuali,” ungkap Profesor McGeehan lansir The Independent,. Mulanya para peneliti menyelidiki struktur enzim dari Jepang.

Para ilmuwan kemudian membuat sedikit perubahan pada bagian yang dianggap terlibat dengan pencernaan plastik. Mereka melakukan itu untuk mencoba meningkatkan kemampuan enzim untuk mendegradasi PET. Selain itu, tujuan mereka adalah agar enzim ini punya kemampuan untuk menurunkan bentuk alternatif PET yaitu PEF.

“Meskipun peningkatannya sederhana, penemuan tak terduga ini menunjukkan bahwa ada ruang untuk lebih meningkatkan enzim-enzim ini, menggerakkan kita lebih dekat ke solusi daur ulang untuk gunungan sampah plastik yang terus tumbuh,” ujarnya. []

Sumber: kompas.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline