Imam Mahdi, Dimanakah Tempat Munculnya?

0

Tahukah Anda siapa yang akan memimpin kaum muslimin di akhir zaman? Ya, tentu saja Anda telah mengetahuinya. Sebab, kedatangannya telah dikabarkan oleh Rasulullah ﷺ. Dan kini sudah banyak diketahui oleh kaum muslimin. Dialah Imam Mahdi, seseorang yang akan menemani Nabi Isa Alaihis Salam untuk membunuh Dajjal, sosok bermata satu yang mengaku sebagai Tuhan.

BACA JUGA: Inilah Tanda Setelah Kemunculan Imam Mahdi di Akhir Zaman

Imam Mahdi adalah salah seorang yang begitu penting bagi kita. Mengapa? Sebab, telah dikabarkan bahwa di masa kekuasaannya kelak keadilan dan kemakmuran tersebar. Sehingga, kita tak akan kesulitan lagi dalam menjalan hidup. Tapi sebenarnya, darimana Imam Mahdi akan muncul?

Tidak ada sama sekali riwayat shahih yang menunjukkan di manakah tempat munculnya Imam Mahdi atau waktu kapan keluarnya Imam Mahdi. Akan tetapi, para ulama menjelaskan hal itu dari kesimpulan beberapa riwayat, namun tidak ditegaskan pasti di mana dan kapan munculnya.

Imam Mahdi akan muncul dari arah timur (yaitu timur Jazirah Arab). Sebagaimana hal ini diisyaratkan dalam riwayat Ibnu Majah.

BACA JUGA: Hari Jumat dan Dajjal

Ibnu Katsir mengatakan, “Imam Mahdi akan muncul dari arah timur dan bukan dari Sirdab Samira’ sebagaimana yang disangkakan oleh Syi’ah (Rafidhah). Mereka menunggu sampai sekarang, padahal persangkaan orang Rafidhah itu hanyalah igauan semata, pemikiran yang sangat lemah dan pemahaman gila yang dimasukkan oleh setan. Sangkaan mereka tidak ada landasan sama sekali dari Al-Quran maupun As-Sunnah. Serta apa yang mereka sangkakan sangat tidak logis dan tidak sesuai dengan akal yang sehat.” []

SUMBER: RUMAYSHO

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline