khasiat susu
Foto: Miignon.com

Imbauan Susu UHT Mengandung Bakteri, Ini Bahayanya

Diduga, sebuah surat edaran dikeluarkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, menyebutkan bahwa ada brand susu yang diproses dengan suhu tinggi (ultra-high temperature processing/UHT) yang ditemukan mengandung bakteri Streptococcus sp, Staphylococcus sp, dan Campylobacter.

BACA  JUGA: Bersihkan Paru-Paru Pakai Soda Susu, Memang Bisa?

Temuan ini pun memunculkan peringatan agar perusahaan susu tersebut melakukan evaluasi terhadap produknya karena kandungan mikroorganisme pathogen tersebut dapat membahayakan kesehatan manusia.

Lepas dari benar tidaknya surat edaran tersebut, ada baiknya kita mengenali bahaya yang diakibatkan oleh bakteri ini.

Bahaya bakteri ini

Dilansir dari laman Express, bakteri streptococcus dan staphylococcus biasanya hidup tanpa menimbulkan bahaya di kulit, hidung atau mulut.

Tapi, dapat masuk ke dalam aliran darah manusia dan melepaskan racun berbahaya.

Racun tersebut dapat merusak jaringan kulit dan organ-organ, serta dapat mengganggu fungsi organ yang vital. Infeksi streptococcal bisa sangat besar atau minor.

Infeksi minor bisa meliputi infeksi tenggorokan, tapi infeksi besar atau mayor bisa meliputi sepsis, meningitis, necrotising fasciitis, dan Toxic Shock Syndrome (TSS).

Sedangkan infeksi staphylococcus meliputi impetigo, bisul dan abses kulit, tapi bisa juga meliputi sepsis, TSS, dan pneumonia.

BACA JUGA: Histori Susu Kental Manis

Dan, kelompok bakteri ini juga meliputi meticillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) atau bakteri yang dikenal resisten terhadap sejumlah antibiotik yang banyak digunakan, dan bisa mengancam jiwa jika menyerang manusia lanjut usia. []

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *