Unik, Informatif , Inspiratif

India Dihantam Angin Topa Gaja, 33 Orang Meninggal

0 39

 

India dihantam badai topan Gaja. Jumlah korban tewas akibat angin topan yang menghantam pantai timur India tersebut telah mencapai 33, demikian kata pejabat negeri.

Topan Gaja, yang menghembuskan angin dengan kecepatan hingga 120 kilometer (75 mil) per jam, menyapu negara bagian Tamil Nadu setelah pada hari Jumat pekan lalu.

BACA JUGA: Sering Diajak Kawin Lari Lewat SMS, di Bihar-India Wanita Dilarang Gunakan Ponsel

Ribuan pohon tumbang dan rumah pun ambruk. Ratusan ribu orang juga terpaksa mengungsi ke tempat perlindungan.

“Sejauh ini 20 pria, 11 wanita, dan dua anak meninggal karena topan ini,” kata pejabat di otoritas manajemen bencana India.

“Saat ini, 177.500 orang tinggal di lebih dari 351 kamp pengusian. Ribuan pohon tumbang dan ternak juga terkena dampak yang parah,” katanya.

Ketua Menteri Edappadi Palaniswami, yang telah mengumumkan kompensasi $ 14.000 masing-masing kepada keluarga korban, mengatakan sebagian besar kematian disebabkan oleh banjir, runtuhnya rumah dan aliran listrik.

BACA JUGA: Tahan Gempa, Rumah Kayu Jadi Pilihan

Gaja adalah badai besar kedua yang menghantam pantai timur India dalam beberapa pekan terakhir. Sebelumnya pada bulan Oktober, Topan Titli juga menghantam Odisha, dan menewaskan sedikitnya dua orang.

Badai secara teratur melanda India selatan antara April dan Desember. Tahun lalu, Topan Ockhi menyebabkan hampir 250 orang tewas di Tamil Nadu dan negara bagian Kerala. []

SUMBER: APF | KHALEEJ TIMES

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline