Unik, Informatif , Inspiratif

India luncurkan Satelit Teringan di Orbit

0

India dalam masa ini, dikenal sebagai negara yang terdepan dalam pengembangan teknologi. Baik teknologi Informatikan, maupun teknologi Nuklir. Tapi selain itu, India juga maju inovasi teknologi ruang angkasa. India menjadi salah satu negara yang aktif mengembangkannya teknologi luar angkasa.

Kalamsat-V2 menjadi salah satu bukti keberhasilan India. India mengklaim bawa Satelit yang memiliki massa 1,26 kilogram ini sebagai satelit paling ringan di orbit.

BACA JUGA: Ketika Fantasi Tak Cuma Dalam Impian

Adalah Organisasi Penelitian Ruang Angkasa India (Isro), dari pusat ruang angkasa Sriharikota yang meluncurkan satelit teringan itu.

Untuk mencapai orbit yang tepat, sebuah satelit biasanya membutuhkan beberapa tahap. Tiga tahap pertama biasanya akan jatuh kembali ke bumi. Sedangkan tahap terakhir yang menggunakan propelan cair, dapat dihentikan dan dimulai kembali. Hal tersebut dapat berlangsung selama beberapa kali, hingga akhirnya mendapatkan orbit yang sempurna.

Isro akan memberikan kemampuan baru ke tahap terakhir, sehingga Kalamsat-V2 dapat aktif di ruang angkasa hingga satu tahun

Dikutip dari BBC pada Kamis (24/1/2019) K. Sivan, petinggi Isro mengatakan, “Kalamsat adalah satelit paling ringan yang pernah dibuat dan diluncurkan ke orbi.”

Satelit ringan tersebut diluncurkan oleh Isro, dengan menggunakan alat peluncur bernama Indian Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV). Alat tersebut adalah alat andal bernilai US$ 28 juta (sekira Rp 396,87 miliar), yang pada peluncuran kali ini memiliki berat sekitar 260 ton.

BACA JUGA: Ini Penemuan-penemuan yang Mengubah Dunia [1]

Isro milik India, bukanlah satu-satunya organisasi antariksa yang menghabiskan banyak biaya untuk sebuah inovasi.

Jean Yves-LeGall, presiden dari sebuah badan antariksa Prancis bernama Centre National d’Etudes Spatiales (CNES), mengatakan bahwa sulit melakukan percobaan ruang angkasa dengan biaya hemat.[]

SUMBER: LIPUTAN 6


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.