Unik, Informatif , Inspiratif

India Segera Dirikan Patung Manusia Tertinggi di Dunia

0

Tiga ribu pekerja dan 300 insinyur India akan segera menyelesaikan pembangunan patung Menteri Dalam Negeri India pertama, Sardar Vallabhbhai Patel. Sekaligus patung manusia tertinggi di dunia.

BACA JUGA: Hindari Ricuh, Patung Erdogan di Jerman Dibongkar

Patung ini diharapkan bisa rampung sebelum inaugurasi Perdana Menteri India, Narendra Modi, 31 Oktober 2018.

Dikutip dari situs english.alarabiya.net pada Jumat (31/8/2018), patung Sardar ini terbuat dari baja dan perunggu, dimana proses pembuatannya sudah dimulai sejak empat tahun lalu dan akan dipajang di sebuah pulau kecil berbatu di dekat sungai Narmada, negara bagian Gujarat, wilayah asal Sardar.

Berdiri di Gujarat

Gujarat juga merupakan wilayah asal Sardar dan Modi. Di masyarakat India, Patel dikenal sebagai sosok yang punya keinginan kuat dan gigih.

Sejumlah batu sandungan mengadang pembangunan patung ini, khususnya dari kalangan pecinta lingkungan, masyarakat terdampak, organisasi nirlaba dan kubu oposisi yang menempatkan Modi sebagai pihak yang dipersalahkan. Namun, protes dari pihak-pihak itu telah menjadi cambuk bagi Modi untuk terus melanjutkan pembangunan patung.

Pembangunan patung Sardar terbilang cepat. Per satu Minggu, ketinggian patung bertambah 4,5 meter dibanding pembangunan gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, di Dubai. Gedung setinggi 828 meter itu saat masa pembangunan naik 3,18 meter per Minggu.

Yang juga menarik, patung Sardar nanti akan berdiri di lahan seluas 20 ribu meter persegi menghadap bendungan air Sardar Sarovar yang memiliki panjang 3 kilometer.

Patung ini rencananya akan menjadi patung manusia tertinggi di dunia dengan tinggi 182 meter dengan dana yang digelontorkan untuk pembangunan sekitar 30 miliar rupee.

Patung Sardar akan melampaui rekor ketinggian patung Budha di kuil musim semi di Cina yang memiliki tinggi 122 meter dan dua kali lipat tingginya dibanding Patung Liberty yang sangat terkenal di kota New York.

Patung Sardar tingginya lima kali lipat dibanding patung Yesus di ibu kota Rio de Janeiro dan lebih tinggi 10 meter dari patung monument Crazy Horse di Gunung Rushmore, Dakota Selatan, Amerika Serikat.

Kepala Menteri Gujarat, Vijay Rupani mengatakan bahwa patung Sardar yang dijuluki sebagai patung kesatuan dibangun dari 140 ribu meter beton, 18.500 ton baja, 70 ribu ton semen dan 2 ribu ton perunggu. Patung ini nantinya akan dilengkapi dengan beberapa lonceng dan peluit.B

BACA JUGA: 5 Fakta Patung Pancoran yang Jarang Diketahui

Bagian dalam patung akan difungsikan sebagai sebuah museum, convention center teknologi tinggi, hotel bintang lima 50 kamar dan sebuah pusat penelitian. Di sekitar patung akan dijadikan hiburan dan kebun. []

SUMBER: TEMPO


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline