Foto: Pandaily

Indonesia Segera Bereskan Kebijakan Jaringan 5G

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengungkapkan, tahun ini pihaknya segera merampungkan kebijakan soal jaringan komunikasi generasi ke-5 atau 5G.

“Tahun ini harus sudah keluar kebijakannya, karena kita kan mengikuti standar internasional,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (9/1/2019).

BACA JUGA: Tingkat Konsumsi Internet Indonesia Turun

Pria yang akrab disapa Chief RA ini mengatakan, sampai sekarang masih belum ada model bisnis untuk jaringan 5G di Indonesia. Ia mengatakan, terdapat dua jaringan 5G yang diperuntukkan bagi konsumen dan industri.

Industri dulu

Menurutnya, kemungkinan di Indonesia, industri akan lebih dulu mengadopsi teknologi tersebut. “Karena di Indonesia industri itu melihatnya secara bisnis, karena teknologi ini relatif lebih mahal. Kalau mereka mendapatkan efisiensi, industri akan ambil,” tuturnya.

Dia juga mengaku telah berkomunikasi dengan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto terkait penggunaan 5G di ranah industri. Namun penggunaan 5G dinilai masih terlalu mahal untuk consumer.

“Kita kan sekarang 4G speed-nya katakanlah 7mb kalau yang 5G bisa 100-200mb, kan 15 kali kecepatannya. Mau enggak kita bayar 15 kali? Enggak kan? Jadi harus ada perhitungan model bisnis dan itu tergantung economic cost skill,” kata Menkominfo.

BACA JUGA: Rajin Internetan? Enam Gangguan Mental Ini Mengancam Anda!

“Kalau cuman membangun infrastruktur 5G hanya di sedikit tempat akan jadi mahal. Jadi skala ekonomi akan berlaku,” tambahnya.

Sampai saat ini, beberpa operator di Indonesia telah melakukan uji coba di luar ruangan menggunakan frekuensi 28 GHz untuk kepentingan pengelolaan 5G. []

SUMBER: SINDO


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

tukang becak

Dipenjara, Tukang Becak Ini Dapat Donasi Rp 700 Juta Lebih

Akibat kecelakan itu, nyawa penumpang tidak tertolong dan akhirnya meninggal 15 menit setelah tiba di rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *