kalimat ketika berdoa, Ingat, Inilah Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Ketika Berdoa
Unik, Informatif , Inspiratif

Ingat, Inilah Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Ketika Berdoa

0

Doa menjadi sebuah aktivitas keimanan yang menjadi salah satu penghubung antara seorang hamba dengan Rabb nya. Doa juga menjadi salah satu bentuk pengabdian dan permintaan manusia terhadap Allah SWT sebagai salah satu dzat tempat meminta dan berharap.

Selain ada adab yang harus dipatuhi agar doa bisa dikabul, ternyata ada juga larangan berupa kalimat-kalimat yang tidak boleh diucapkan ketika sedang memohon. Kalimat apakah itu?

Kalimat tersebut yaitu “Jika Engkau berkenan”. Contohnya seperti kalimat, “Ya Allah jika Engkau berkenan, ampunilah aku.” Itulah kalimat yang terlihat benar, namun sebenarnya salah dan dilarang.

Beberapa dari kita mungkin pernah mengucapkannya atau bahkan sering. Memang secara harfiah kalimat tersebut bermakna lembut dan tidak memaksa Allah ketika meminta. Namun jelas hal itu tidak diperbolehkan.

Rasulullah menyatakan dalam hadistnya,”Apabila salah seorang dari kalian berdoa, hendaklah ia sungguh-sungguh dalam memohon dan janganlah ia mengucapkan, “Ya Allah jika Engkau berkenan maka berilah aku,” karena sesungguhnya tidak ada yang dapat memaksaNya.” (HR Bukhari)

“Janganlah kalian mengucapkan, “Ya Allah ampunilah aku jika Engkau berkenan. Ya Allah rahmatilah aku jika Engkau berkenan. Tapi hendaknya ia sungguh-sungguh dalam memohon karena sesungguhnya tidak ada yang dapat memaksaNya.” (HR Bukhari).

Dalam menjelaskan hadist ini, Ibnu Abdil Barr yang merupakan ahli tafsir mengatakan bahwa tidak ada yang dapat memaksa Allah Ta’ala. Allah hanya melakukan apa yang Ia kehendaki dan Allah hanya mengabulkan apa yang Ia kehendaki pula.

Menanggapi kalimat yang ada dalam hadist tersebut, maka Ibnu Abdil Barr menyatakan bahwa haram hukumnya mengucapkan kalimat tersebut. Sementara Imam Nawawi menganggap hal itu makruh untuk diucapkan. Wallahu A’lam. []

 

Sumber: kabarmakkah.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.