Unik, Informatif , Inspiratif

Ingin Baterai Laptop Awet? Begini Nih Caranya

0

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekonologi kini semakin pesat. Alat-alat elektronik untuk mempermudah aktivitas manusia semakin berkambang.

Nah, salah satu alat yang sering digunakan untuk menjalani kehidupan manusia ialah laptop. Ya, laptop mempermudah manusia dalam permasalahan karir dan pengetahuan.

Hanya saja, tidak semua laptop bisa bertahan lebih lama, terutama mengenai dayanya. Hal ini rata-rata diakibatkan oleh pengguna yang tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan laptop dengan baik.

Nah, cara untuk menyesalaikan permasalahan mengenai daya atau ketahanan baterai agar awet ialah sebagai berikut:

1. Jika Anda bekerja di rumah, di kantor atau lainnya yang memiliki sumber listrik, sebaiknya lepas baterai dan sambungkan alat charge ke sumber listrik. Hal ini agar baterai awet. Gunakan baterai saat keperluan di luar yang tidak memungkinkan dihubungkan ke sumber listrik.

2. Untuk pemakaian baterai pertama kali, baterai harus di charge sampai penuh terlebih dahulu sebelum digunakan. Kemudian dikosongkan sampai tiga atau empat kali. Karena baterai baru membutuhkan proses conditioning untuk mencapai kapasitas dan performa puncak.

3. Saat men-charge baterai, sebaiknya laptop dalam keadaan mati. Jika saat Anda menggunakan laptop kemudian indikator baterai lemah, sebaiknya matikan laptop terlebih dahulu, kemudian charge baterai sampai penuh.

4. Usahakan selalu men-charge baterai sampai penuh dan mengisinya saat indikator menunjukkan baterai lemah atau hampir kosong. Usahakan tidak membiarkan charge terhubung ke listrik dalam waktu lama setelah baterai sudah penuh.

5. Jika Anda ingin melepas baterai dalam waktu yang agak lama, sebaiknya baterai dalam keadana terisi penuh. Selain itu, jangan terlalu lama membiarkan baterai menganggur (sampai berbulan-bulan). Setidaknya pasang dan digunakan satu bulan sekali.

6. Jangan letakkan baterai di tempat dengan suhu ekstrim atau terkena matahari langsung. []

Referensi: 101 Tips & Trik Komputer Plus Internet/Karya: Ilmu Hayat/Penerbit: Mediakom


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.