Ingin Produktif? Cermati Jam Produktif Alami Tubuh Anda

kerjaINSPIRADATA. Bekerja dengan produktif, tentunya menjadi harapan setiap orang. Namun, dalam realitanya tak mudah untuk bekerja produktif di setiap hari sesuai harapan. Ternyata, untuk dapat mencapai hal itu kita musti memperhatikan jam produktif bagi tiap-tiap kelompok usia.

Pakar neurosains melakukan sebuah penelitian mengenai pola perilaku manusia dalam bekerja, mereka berhasil mengungkap jam produktif yang berbeda pada masing-masing kelompok usia. Penelitian itu sendiri dilakukan mulai 2014 lalu hinggai tahun 2018 mendatang, yang melibatkan eksperimen di 100 sekolah di seluruh Inggris.

Paul Kelley, salah satu peneliti studi, mengungkapkan bahwa semenjak kecil seseorang mungkin terbiasa dengan pola beraktivitas pukul sembilan pagi hingga lima sore. Namun, dengan bertambahnya usia, ada beberapa perubahan alamiah yang bergantung pada kebiasaan tidur masing-masing individu.

Kurang tidur dapat menyebabkan kekacauan pola aktivitas serta jam alami tubuh alias irama sirkadian. Kelley mengatakan, kelompok usia yang paling berpotensi terkena implikasi kesehatan adalah antara umur 14-24 tahun.

“Hal ini sangat merusak sistem tubuh karena memengaruhi fisik, sistem emosional, dan kinerja dalam tubuh,” jabar pakar neurosains dari Sleep and Circadian Neuroscience Institute University of Oxford itu, lansir Lifehack.

Kurang tidur dapat mengakibatkan kelelahan, frustrasi, kecemasan, kenaikan berat badan, hingga tekanan darah tinggi. Mereka yang kurang tidur juga kerap mengalami gangguan memori jangka panjang dan bahkan dapat meningkatkan kemungkinan penggunaan stimulan seperti alkohol yang sangat berisiko.

Kelly yang juga pernah mengajar di Monkseaton Middle School, mengatakan masyarakat perlu mempertimbangkan revisi jam kerja dan waktu sekolah agar lebih memungkinkan mengikuti jam tubuh alami.

Ia mengusulkan anak usia 10 tahun untuk memulai aktivitas sekolah pada pukul 08.30 pagi. Sementara, anak usia 16 tahun disarankan bersekolah mulai pukul 10.00 dan pukul 11.00 untuk yang berusia 18 tahun. Tidak hanya merekomendasikan perubahan di kalangan generasi muda, Kelley juga merekomendasikan staf kantoran mulai bekerja pukul 10.00 agar lebih produktif. []


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *