Unik, Informatif , Inspiratif

Ingin Sehat? hindari 6 Jenis Alas Kaki Ini

0

BERJALAN tanpa disadari telah menjadi kegiatan harian yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Rata-rata orang berjalan sejauh 245-292 kilometer dalam setahun. Intensitas tersebut tentunya perlu diseimbangkan dengan penggunaan alas kaki yang nyaman.

Memang tak dapat dipungkiri, alas kaki telah jadi bagian dari fashion masa kini. Namun, bila Anda peduli dengan kesehatan, ada baiknya pilih alas kaki yang tidak asal keren, tapi yang benar-benar menunjang aktivitas dan tidak menimbulkan efek buruk pada kesehatan kaki Anda.

BACA JUGA: Kaos Kaki Mudah Bolong atau Kendor, Ini Alasannya

Terlihat keren itu bagus, tapi keren dengan cara yang lebih sehat, itu hebat. Jika Anda ingin sehabat itu, hindarilah 6 jenis alas kaki yang dapat membahayakan tubuh Anda, seperti dilansir dari Brightside.me., berikut ini:

Sepatu hak tinggi
Foto: Unsplash
1 of 6

Sepatu hak tinggi

Sepatu hak tinggi disukai kaum hawa karena bisa menunjang penampilan mereka sehingga bisa mendapatkan tinggi badan yang terlihat ideal. Sayangnya, akibat yang ditimbulkan oleh pemakaian alas kaki jenis ini cukup fatal. Mengenakan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan keseleo, kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam, kerusakan saraf, dan nyeri punggung bagian bawah.

Agar  masalah tersebut dapat dihindari, hindari pula lah pemakaian sepatu dengan hak lebih dari 7,6 cm.

Sepatu berujung runcing
Foto: Unsplash
2 of 6

Sepatu berujung runcing

Kaki manusia yang lebar sesungguhnya tidak didesain untuk menggunakan sepatu runcing. Ujungnya terlalu sempit dan memberikan tekanan pada jari-jari kaki.

Ini dapat menyebabkan nyeri saraf dan kaki yang melepuh. Jadi, sebelum memutuskan membeli atau memakai alas kaki jenis ini, cobalah terlebih dahulu sampai kaki benar-benar merasa nyaman berada di dalamnya.

Sepatu datar (flat shoes)
Foto: LEAFtv
3 of 6

Sepatu datar (flat shoes)

Sepatu datar dapat merusak kaki karena tak memiliki dukungan lengkung yang menekan plantar fascia. Akibatnya, bisa terjadi sakit pada lutut dan punggung.

Namun, jika sudah terlanjur suka, tak perlu khawatir, cukup sisipkan orthotic yang akan bisa memperbaiki posisi kaki. Ini bisa menghindarkan akibat buruk dari pemakaian flat shoes tersebut.

Sepatu platform
Foto: weheartit
4 of 6

Sepatu platform

Sepatu jenis ini dapat merusak mekanisme tubuh saat berjalan karena tidak fleksibel dan bagian haknya sangat kaku. Padahal saat berjalan, kaki harus dapat ditekuk dengan cara tertentu.

Sepatu lari
Foto: Unsplash
5 of 6

Sepatu lari

Sepatu lari yang terlalu ringan dan lembut dapat menyebabkan trauma pada kaki. Ini dikarenakan benturannya terlalu fleksibel dan lembut. Jadi, pilihlah sepatu lari yang semacam sepatu atletik dengan bagian tumit yang keras.

Sandal jepit
Foto: Gadis
6 of 6

Sandal jepit

Meski terlihat nyaman, sandal jepit tidak sebenar-benar aman dipakai. Ini karena saat dipakai, sandal jepit membuat kulit di antara jari kaki tergesek dan rusak. Kedua, ini dapat menyebabkan misalignment karena pergelangan kaki dan lutut tidak didukung dengan benar. []

SUMBER: BRIGHTSIDE


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline