Foto; Solopos.com

Ingin Tempat Kerja Lebih Sehat dan Tak Membosankan? Lakukan 7 Cara Mudah Ini!

Ada kalanya suasana tempat kerja nampak membosankan sehingga tidak enak ditinggali. Namun, tak usah khawatir, terdapat tujuh cara mudah yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana tempat kerja yang lebih sehat dan menyenangkan bagi Anda.

1. Meletakan tanaman pada pot kecil di meja kerja

Apabila Anda menyukai sesuatu yang alami, Anda dapat meletakkan tanaman kesayangan di meja kerja. Tentunya tanaman yang Anda letakan ukurannya kecil.

Tanaman dipercaya dapat memperbaiki suasana hati seseorang, dan benar-benar dapat membantu menyaring udara di sekitar Anda yang menyebabkan Anda jadi lebih sehat.

2. Membuat rutinitas sehat

Banyak orang yang bekerja dari rumah, namun bukan berarti mereka melakukannya dengan cara yang paling sehat. Terkadang bekerja dari rumah justru lupa waktu dan bahkan melampaui jam kantor.

Biasakanlah untuk mematikan komputer kerja, misal matikan sesuai dengan jam kerja Anda. Ini bertujuan agar Anda lebih banyak memiliki waktu istirahat, sehingga aktivitas pagi Anda bisa dijalani dengan kondisi badan yang sehat.

3. Mulailah berkomitmen untuk lebih banyak bergerak

Cobalah memulai melakukan komitmen sederhana untuk berjalan sejauh satu mil atau 1,6 kilometer setiap harinya saat jam makan siang, atau di waktu yang memungkinkan.Bila cuaca siang hari terlalu panas, Anda bisa melakukannya sore hari.

Selain membuat tubuh lebih segar dengan menghirup udara luar, badan pun akan menjadi lebih sehat karena gerakan berjalan kaki yang Anda lakukan.

4. Luangkan waktu untuk meditasi pagi

Meditasi dikenal sebagai pencipta dan penguat mood yang hebat. Beberapa menit bermeditasi setiap pagi juga dapat meningkatkan produktivitas Anda, bukan menguranginya.

Mulai sekarang, atur pengingat di kalender Anda setiap pagi. Anda dapat memilih jam berapa yang terbaik untuk melakukan meditasi lima sampai 10 menit.

5. Pakai aromaterapi

Anda bisa memulainya dengan membeli beberapa minyak esensial organik atau minyak esensial ramah lingkungan yang aromanya bisa menimbulkan efek menyegarkan ke seluruh ruangan kerja Anda.

Jangan pernah sajikan aroma makanan, karena itu hanya akan membuat Anda semakin gelisah berada di ruangan kerja dan malah kepikiran kantin.

6. Membawa bekal dari rumah

Selain bisa menghemat uang, mengkonsumsi makanan yang Anda bawa dari rumah akan lebih sehat. Karena bagaimana pun, kesehatan makanan yang Anda bawa hanya Anda sendiri yang mengetahuinya.

Jika Anda sudah memulainya selama tiga hari berturut-turut, cobalah tingkatkan menjadi seminggu berturut-turut atau bahkan menjadi kebiasaan.

7. Bersosialisasi dengan rekan kerja

Tak hanya dapat meningkatkan produktivitas kerja, hubungan antar rekan kerja pun mempengaruhi kesehatan Anda.

Apabila Anda sibuk dengan pekerjaan yang harus Anda selesaikan pada jam kerja, maka ajaklah rekan kerja untuk menikmati suasana baru di luar jam kerja Anda, demikian seperti dilansir dari kompas.com. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *