Unik, Informatif , Inspiratif

Ini 5 Aplikasi Smartphone biar Ramadhan Makin Lancar

0

UNTUK menyemarakkan bulan Ramadhan dengan berbagai amalan baik, ada perlunya mengetahui beragam aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk memperlancar ibadah Anda.

Aplikasi-aplikasi ini berisi beragam fitur yang bisa membuat puasa kamu di bulan Ramadhan kali ini jadi lebih bermakna dan berfaedah. Berikut lima aplikasi rekomendasi kumparan untuk kelancaran menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan. Kamu bisa mengunduh aplikasi-aplikasi, baik di Android maupun iOS.

Muslim Pro

Shalat adalah tiang agama. Untuk memperlancar ibadah shalat selama Ramadhan, Anda bisa memaksimalkan aplikasi Muslim Pro. Aplikasi ini akan membantu mengingatkan kamu untuk shalat tepat waktu, karena bisa memberikan informasi waktu salat berdasarkan lokasi pengguna.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan informasi jadwal puasa, pencari arah kiblat, dan masjid di lokasi sekitar. Muslim Pro dianggap aplikasi yang lengkap, karena memiliki fitur Alquran digital dengan terjemahan ke dalam beragam bahasa, termasuk Indonesia yang dilengkapi dengan audio.

Umma

Aplikasi Umma baru saja diluncurkan pada akhir April lalu. Umma menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan penggunanya agar lancar dalam menjalankan ibadah selama Ramadhan.

Fitur-fitur yang hadir di aplikasi Umma ini di antaranya adalah Alquran digital, jadwal salat, adzan, kalender Islam, penunjuk arah kiblat, hingga konten-konten menarik lainnya yang menyajikan amalan-amalan bulan Ramadhan hingga resep masakan untuk buka puasa dan sahur.

Kajian Sunnah Indonesia

Bagi Muslim, Ramadhan tidak hanya difokuskan untuk menjalani ibadah puasa saja atau menahan lapar dan haus, tapi juga dibarengi dengan ibadah-ibadah lainnya, seperti sholat sunnah, sedekah, dan memperdalam ilmu agama.

Aplikasi Kajian Sunnah Indonesia ini bisa memberikan informasi jadwal kajian ilmu agama Islam yang diselenggarakan di sekitar pengguna. Di dalam aplikasi itu tersaji informasi berupa tema kajian, penceramah, lokasi, dan waktu kajian.

Selain itu, aplikasi ini bisa memberikan informasi lokasi masjid terdekat, arah kiblat, jadwal salat, dan lainnya. Ada juga artikel-artikel seputar Ramadhan dan ajaran agama Islam secara menyeluruh.

Minute Workout

Bulan Ramadhan bukan berarti waktunya untuk bermalas-malasan. Anda juga harus tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga berat, kamu bisa berolahraga ringan yang bisa dilakukan dengan waktu singkat.

Aplikasi 7 Minute Workout menjadi jawabannya. Aplikasi ini akan memandu Anda menerapkan sistem olahraga tujuh menit per set dengan berbagai gerakan-gerakan yang mudah dilakukan.

Gerakan-gerakannya mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja, seperti sebelum waktu berbuka bisa kamu sempatkan berolahraga ringan dengan benda-benda yang ada di sekitar Anda seperti meja, kursi, dan dinding.

Alarmy

Bangun sahur mungkin jadi kesulitan yang berat bagi sebagian orang yang menjalankan ibadah puasa. Bagi kamu yang sulit untuk bangun sahur, ada baiknya menggunakan aplikasi Alarmy.

Alarmy berbeda dengan aplikasi alarm biasanya atau yang ada di smartphone kamu. Biasanya, alarm yang kamu pasang mungkin mudah untuk dimatikan atau di-snooze. Sementara untuk mematikan alarm di aplikasi Alarmy akan lebih sulit sehingga bisa membangunkan Anda.

Cara mematikannya, Anda harus memotret sebuah objek yang sudah ditentukan saat Anda mengatur alarm. Mau tidak mau, Anda harus beranjak dari tempat tidur untuk menghentikan suara alarm yang keluar. []

SUMBER: KUMPARAN

 

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.