Unik, Informatif , Inspiratif

Ini 5 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

0

Pada zaman sekarang anak yang berusia 2 tahun sudah mengerti yang namanya gadget, bahkan sampai berebut dengan orangtuanya. Dimulai dari main game atau pun menonton video yang ada di gadget.

Tanpa orang tua sadari anak menjadi kecanduan gadget. Akan tetapi orang tua harus tahu cara mengatasinya. Dikutip dari beberapa sumber, berikut cara mengatasi anak kecanduan gadget:

1.Menyiapkan jadwal rutin

Anak adalah sosok yang mudah untuk melakukan sebuah kebiasaan. Maka, orangtua harus menghentikan kebiasaan anak dengan kebiasaan baru. Meskipun membutuhkan waktu, kondisi ini akan membantu si kecil tidak ketergantungan pada perangkat elektronik.

Misalnya setelah selesai sarapan, biasakan meluangkan waktu untuk bermain di luar ruangan. Kebiasaan rutin ini akan membuatnya terbiasa melakukan aktivitas fisik dibanding melihat gadget saja.

2. Sediakan perlengkapan untuk berkreativitas

Bersama anak pergilah ke toko buku, belilah buku gambar, kertas warna, lem kertas, spidol, crayon, pensil warna, cat air, dan berbagai perlengkapan untuk berkreativitas lainnya.

Di rumah persilahkan anak membuat kreativitas, jika bingung membuat apa, saat ini ada banyak buku kreativitas atau bisa juga mencari dari internet kemudian diprint. Anak-anak kita perlu merasakan kenikmatan bermain selain dengan gadgetnya.

3. Perkenalkan aktivitas diluar ruangan

Berolahraga bersama teman-temannya, seperti basket, sepak bola, sepatu roda, dan permainan outdoor lainnya jauh lebih menyenangkan daripada terus-terusan memelototi layar hp. Maka biarkan anak bermain di luar rumah, tentu saja dengan penjagaan orangtua akan jauh lebih baik.

 

4. Batasi Penggunaannya

Anak boleh saja main hp, tapi orangtua perlu membuat batasan waktu dalam bermain. Misalnya maksimal 2 jam sehari, dan batasan waktu ini perlu diketahui dan disepakati oleh anak juga, sehingga anak akan lebih bertanggungjawab terhadap batasan waktu ini.

5. Pantau anak saat melakukan aktivitasnya

Kecanduan si Kecil dengan gadget membuatnya susah berkonsentrasi saat melakukan aktivitasnya, seperti makan dan belajar. Makan yang sedianya bisa dilakukan dalam 10 menit jadi molor menjadi 1 jam lebih karena dilakukan sambil bermain gadget. Ingatkan untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugasnya atau menghabiskan makannya terlebih dahulu baru boleh bermain. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.