hewan, Ini 5 Hewan Tercepat di Planet Bumi, Cheetah Tak Termasuk
Unik, Informatif , Inspiratif

Ini 5 Hewan Tercepat di Planet Bumi, Cheetah Tak Termasuk

0

SETIAP hewan di bumi pasti diberikan kemampuan dan keunikan yang berbeda-beda. Namun tahukah Anda jika ada beberapa hewan yang memiliki kecepatan yang luar biasa dibandingkan dengan hewan-hewan lainnya? 

Jika Anda menjawab hewan tercepat di dunia adalah Cheetah, Anda salah besar karena faktanya lima hewan tercepat di dunia ternyata berasal dari jenis burung, berikut di antaranya:

Merpati karang

Hewan tercepat yang satu ini memang merupakan seekor merpati. Namun merpati ini bukanlah merpati biasa yang dipelihara oleh orang-orang. Rock dove pigeon atau merpati karang mirip dengan merpati biasa, namun ini adalah merpati versi liar yang tinggal di alam terbuka seperti di tebing tinggi. Banyak ditemukan di Eropa, Afrika Utara, dan Asia Barat.

Merpati ini sanggup terbang dengan kecepatan 149 km per jam. Kecepatan terbang merpati ini sangat mengejutkan apabila melihat bentuk tubuhnya yang agak gemuk dan sifatnya yang pemalas. Yang lebih mengejutkan lagi, merpati karang tidak hanya sanggup terbang dengan cepat tapi juga memiliki stamina yang luar biasa. Mereka sanggup terbang dalam waktu yang lama.

BACA JUGA: Ternyata, Hewan pun Jijik pada Zina?

Kelelawar berekor Brasil

Banyak yang tidak mengira kalau ternyata kelelawar masuk daftar salah satu hewan tercepat di dunia. Pasalnya hewan malam yang satu ini identik dengan nama pahlawan fiksi Batman atau juga hewan terbang mengerikan yang hobi menghisap darah atau vampir.

Faktanya kelelawar berekor Brazil kecepatan terbangnya di atas kelelawar pada umumnya. Kelelawar jenis ini dapat terbang hingga kecepatan 160 km per jam.

Kapinis-jarum asia

Kecepatan terbang dari burung White Throated Needletail atau Kapinis-jarum asia tercatat mencapai 171 km/jam. Kecepatan ini dianggap sangat luar biasa mengingat dia bukanlah burung pemangsa. Menu diet dari burung ini kebanyakan adalah serangga seperti lebah, ngengat, kumbang, dan lain semacamnya. Tapi dia mampu terbang dengan kecepatan yang sangat tinggi layaknya burung predator.

Burung yang memiliki nama lain Spine Tailed Swift ini termasuk dalam keluarga burung layang-layang. Burung jenis ini hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Biasanya mereka membangun sarang di puncak pohon atau celah batuan tebing. Kapinis-jarum asia banyak ditemukan di Asia Tengah, Siberia, Asia Tenggara, Australia, dan anak benua India. Jarang sekali ditemukan di Eropa Barat.

Elang emas

Bukan hal aneh apabila burung-burung predator seperti elang dapat terbang tinggi dan cepat. Kemampuan inilah yang membuat elang menjadi salah satu predator mengerikan di udara. Dari beberapa jenis elang yang ada di dunia, elang spesies Golden eagle yang memiliki kecepatan terbang di luar akal sehat kita.

BACA JUGA: Waspada, 5 Hewan Kecil Ini Bisa Merenggut Nyawa Manusia

Elang emas diketahui dapat terbang hingga kecepatan 320 km/jam. Dapat terbang tinggi dan cepat serta dipersenjatai dengan cakar dan paruh yang tajam, tidak ada satu hewan pun yang bisa lepas dari cengkraman maut sang elang.

Peregrine Falcon

Raja kecepatan dari semua hewan ternyata ada di udara. Dan hewan itu adalah burung Peregrine Falcon. Burung ini termasuk burung predator seperti elang, ciri-cirinya memiliki tubuh sebesar elang, berwarna biru-abu-abu, dan kepala hitam. Penyebaran burung Peregrine Falcon tersebar hampir di seluruh dunia. Untuk di Afrika, setidaknya ada empat sub spesies.

Sebagai pemburu cepat, burung Peregrine Falcon dapat terbang dengan kecepatan 389 km/jam. Ini membuatnya dapat dengan sangat mudah mengejar mangsanya, baik itu darat maupun di angkasa. Kalian yang penggemar otomotif, terkhususnya motor, pasti tahu bahwa burung inilah yang menjadi sumber inspirasi terciptanya motor Suzuki GSX1300R atau yang biasa disebut dengan Hayabusa. []

SUMBER: TAHUPEDIA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.