Unik, Informatif , Inspiratif

Ini 5 Kesalahan Sepele Saat Mandi, Namun Negatif Secara Medis

0

Mandi, dalam segala pandangan mempunyai kedudukan penting dalam pola hidup seseorang. Namun, adakalanya mandi tersebut kita lakukan dengan diserta beberapa kesalahan, yang bisa dibilang sepele, namun berdampak negatif secara medis.

Inilah 5 kesalahan dan dampak negatifnya secara medis:

1. Terlalu sering mandi pakai air hangat atau panas

Mandi dengan air hangat atau panas memang dapat membuat tubuh kita rileks, hingga banyak orang yang mendatangi tempat-tempat khusu pemandian air panas atau hangat. Namun, jika hal ini terlalu sering dilakukan, maka akibat yang akan ditimbulkan adalah kulit Anda akan kehilangan minyak alaminya, sehingga kulit jadi mudah kering dan gatal.

2. Terlalu lama mandi

Terlalu lama mandi, memang bisa dibilang kebiasaan yang buruk bukan? Dengan menyiramkan banyak air, adakalanya kita lakukan. Namun hal tersebut pun dapat menyebabkan minyak alami (lipid) pada kulit terkikis. Sehingga kulit cepat kering. Cobalah mandi 10 menit saja!

3. Sabun Anda terlalu wangi

Sabun yang wangi memang mempunyai sensai tersendiri. Namun, perlu diketahui bahwa sabun yang terlalu wangi bisa mengandung paraben, pewarna sintetis, natrium lauril sulfat, dan formaldehid yang bisa membuat kulit jadi kering serta kehilangan elastisitasnya.

Maka, akan lebih baik jika Anda menggunakan sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami atau minyak esensial, dan biasa-biasa saja.

4. Spons Anda sudah usang

Spons yang sudah usang, bisa jadi telah menjadi sarang bakteri untuk beranak pinak. Disarankan, agar spons Anda diganti sebulan sekali. Dan akibatnya, kulit Anda bisa terkena infeksi serta gatal-gatal.

5. Tidak bersih membilas tubuh

Meski Anda sedang terburu-buru, bilaslah tubuh dengan sempurna. Karena, sabun atau produk pembersih lainnya yang tertinggal bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, rajinlah keramas untuk mencegah munculnya jerawat di wajah atau punggung jika kamu berambut panjang. []

Sumber: Brilio


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.