Rumput laut. Foto: Naturalrugs

Ini 5 Makanan Jepang yang Bisa Bikin Awet Muda

MAKANAN Jepang cukup tenar di Indonesia. Sebut saja Ramen dan macha yang kini tengah digemari kalangan muda-mudi kota-kota besar maupun kecil. Tak salah memang jika kita menggemari makanan Jepang, karena para ahli gizi meyakini bahwa makanan Jepang bisa membuat kita hidup sehat. Tidak hanya itu, mereka juga meyakini bahwa makanan Jepang juga bisa meningkatkan potensi untuk hidup lebih lama.

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Center for Global Health and Medicine Tokyo  mengungkap bahwa mereka yang terbiasa mempraktikkan pola makan ala Jepang 15 persen lebih rendah terhadap risiko meningkat karena penyakit. Mereka mengalami pengurangan gangguan kardiovaskular dan risiko stroke.

BACA JUGA: Seitan, Makanan Macam Apa Itu?

Terkait dengan makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang Jepang dan berdampak pada kesehatan mereka, berikut ini adalah lima makanan yang diyakini ahli gizi sebagai kunci hal tersebut.

[bs_smart_list_pack_start][/bs_smart_list_pack_start]

Matcha

Beberapa tahun belakangan, Indonesia seakan ramai akan variasi makanan maupun minuman dengan rasa matcha. Teh hijau tradisional berbentuk bubuk yang terbuat dari daun teh segar ini mengandung katekin dengan kadar tinggi yang dapat meningkatkan antioksidan pada tubuh.

Tidak hanya itu, matcha juga kaya akan theanine yang dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran dan melindungi tubuh kita dari efek negatif stres.

Ikan

Foto: vi.pngtree.com

Kelebihan ikan sebagai makanan sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebagai sumber asam lemak omega-3 yang dapat menjaga kesehatan jantung, mengonsumsi ikan dapat melancarkan sirkulasi darah, bermanfaat untuk otak, mata, dan mengurangi inflamasi.

Tidak hanya itu, ikan juga kaya akan selenium, yang berguna sebagai antioksidan dan membantu menguatkan sistem imun tubuh.

Rumput laut

Rasanya tidak ada yang tidak mengetahui salah satu bahan makanan ini. Rasanya yang lezat dan kaya serat membuatnya dapat dengan mudah ditemui di berbagai supermarket dalam berbagai kemasan.

Rumput laut kaya akan mineral, termasuk yodium, seng, magnesium, kalsium, kalium, dan puluhan mineral lainnya yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sebagai antioksidan dan kesehatan jantung.

BACA JUGA: Ini Negara-negara Pembuat Kebijakan Makanan

Acar

Acar menjadi sumber prebiotik alami yang dapat melancarkan pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan yang kita konsumsi. Acar juga membantu kondisi yang berhubungan dengan aktivitas berlebih pada sistem imun, seperti penyakit autoimun. Jadi sebaiknya, anda membuat acar sendiri di rumah.

Miso dan Umami

Makanan hasil fermentasi kedelai khas Jepang, seperti miso dan pasta umami, selain mengandung vitamin B dan E, juga kaya akan isoflavon, yang mudah diserap tubuh.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan isoflavon juga dapat menurunkan risiko kanker payudara dan endometrium pada wanita pasca menopause. Selain itu, kandungan isoflavon juga dapat meningkatkan kadar vitamin K2 yang berperan dalam kesehatan tulang dan jantung. []

SUMBER: NATGEO

[bs_smart_list_pack_end][/bs_smart_list_pack_end]

 

 


Artikel Terkait :

About Sodikin

Check Also

Manfaat makanan pedas bagi kesehatan

Waspada, 5 Bahaya Ini Akan Muncul Jika Terlalu Sering Makan Pedas!

Tapi, tahukah kamu kalau sebenarnya pedas bukanlah rasa? Pedas merupakan suatu sensasi yang muncul akibat zat kimia bernama capcaisin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *