Unik, Informatif , Inspiratif

Ini 5 Masa Kelam dalam Sejarah Umat Manusia

0

SEJARAH umat manusia dipenuhi berbagai intrik. Mulai dari era penemuan dalam ilmu pengetahuan hingga peperangan. Sejak dahulu manusia terus mengalami berbagai masa hingga sampailah ke abad informasi dengan berbagai kemajuannya di bidang teknologi informasi.

Jarang orang mengetahui seperti apa gambaran kondisi manusia pada zaman dahulu. Hal ini disebabkan karena mereka lebih merahasiakan sejarah yang dianggapnya begitu kelam. Berikut ini 5 sejarah kelam yang dialami umat manusia:

[bs_smart_list_pack_start][/bs_smart_list_pack_start]

Perang Salib

sejarah manusia, Ini 5 Masa Kelam dalam Sejarah Umat Manusia
Foto: Dzargon

Tidak ada yang bagus dari yang namanya perang. Perang hanya menghasilkan jatuhnya korban jiwa dan kerugian bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya. Awal alasan terjadinya perang ini adalah untuk merebut kota Yerusalem. Lama kelamaan, tujuan mulai kabur dan menjadi semakin meluas menjadi perang agama.

Perang Salib pertama kali pecah pada tahun 1095. Perang yang dilakukan oleh umat Kristiani ini dilakukan untuk merebut kembali kota suci Yerusalem dari tangan Kesultanan Turki. Perang ini bahkan direstui oleh Sang Paus, Paus Uran II. Perang Salib inilah yang membawa Eropa menuju jaman Renaissance.

Perang Dunia I

sejarah manusia, Ini 5 Masa Kelam dalam Sejarah Umat Manusia
Foto: The National Interest

Ada 2 perang besar yang tidak akan terlupa, Perang Dunia I dan Perang II. Namun yang akan dibahas pertama kali adalah Perang Dunia I. Perang Dunia I terjadi pada tahun 1914, sulit mencari pihak yang paling disalahkan dalam Perang Dunia I. Akhirnya diputuskan, kemanusiaan pada umumnya yang pantas disalahkan.

Dulu, setiap negara di Eropa saling membenci satu sama lain. Dan masing-masing negara mencari alasan untuk bisa melakukan invasi. Awal mula kejadian yang memicu terjadinya Perang Dunia I adalah pembunuhan Franz Ferdinand, seorang Archduke (anak raja) Austria. Ia dibunuh oleh Gavrilo Princip. Motif pembunuhan dikarenakan Gavrilo Princip ingin menunjukkan keberaniannya pada Pasukan Serbia yang membuangnya karena terlalu kecil dan lemah. Nah, perang semakin besar diakibatkan setiap negara di Eropa memiliki perjanjian dengan negara lain. Isi perjanjian tersebut adalah “bila kalian diserang, kami akan siap membantu.”

Perang Dunia II

sejarah manusia, Ini 5 Masa Kelam dalam Sejarah Umat Manusia
Foto: CNN

Usai Perang Dunia I kemudian muncul lagi Perang Dunia II yang menjadi masa kelam sepanjang sejarah umat manusia. Bila Perang Dunia I disebabkan oleh kemanusiaan pada umumnya, pada Perang Dunia II, kesalahan sepenuhnya ditujukan pada satu orang yaitu Adolf Hitler, sang penguasa Jerman sekaligus pemimpin pasukan Nazi.

Baik Josef Stalin dan Adolf Hitler, mereka berdua adalah sosok pemimpin sadis di dunia. Stalin melakukan kesadisannya dikarenakan dia tidak mau kehilangan kekuatannya. Di sisi lain, Hitler tidak merasa takut sedikitpun. H

itler membawa amarah yang ia pendam sejak kecil dan mengarahkan pada mereka yang tidak tahu apa-apa. Apalagi pada orang Yahudi yang sangat dibenci Hitler, Hitler menghabisi semua orang Yahudi yang ia benci.

Black Plague/Black Death

sejarah manusia, Ini 5 Masa Kelam dalam Sejarah Umat Manusia
Foto: Washington Post

Pada tahun 1346, terjadi sebuah wabah penyakit yang sangat mematikan yang disebut dengan Black Plague (sampar/pes). Wabah Black Plague ini sangat cepat menular, tak heran jika Black Plague sampai memakan korban jiwa sebanyak 60% populasi penduduk Eropa. Diperkirakan 75 sampai 200 juta jiwa melayang akibat wabah Black Plague.

Karena di kala itu masih percaya dengan keberadaan penyihir, penduduk Eropa menyalahkan para penyihir akibat munculnya Black Plague. Mereka yang terduga sebagai penyihir, ditangkap dan dibakar. Tidak hanya penyihir, kucing domestik atau kucing kampung juga tak luput dari perburuan karena diduga sebagai pembawa sial.

Holodomor

sejarah manusia, Ini 5 Masa Kelam dalam Sejarah Umat Manusia
Foto: Vintage

Holodomor merupakan bahasa Ukraina yang artinya dibunuh karena kelaparan. Bukan tanpa sebab, Holodomor disebabkan oleh Josef Stalin. Josef Stalin sendiri adalah sosok pemimpin terkejam di dunia yang hidup di tahun 1920an. Stalin melakukan kejahatan genosida pada rakyat Ukraina dengan membuat mereka mati kelaparan.

Setiap aksi pasti ada alasan, Stalin memiliki alasan sendiri kenapa sampai tega melakukan Holodomor pada penduduk Ukraina. Semua dilakukan karena Stalin tidak suka ketika Ukrainan ingin menyatakan sebagai negara merdeka. Perlu kalian tahu, sebelum merdeka seperti sekarang, Ukraina adalah bagian dari Rusia. Makanya dulu nama Ukraina adalah Ukraina SSR. []

SUMBER: TAHUPEDIA

[bs_smart_list_pack_end][/bs_smart_list_pack_end]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.