virus, Ini 5 Virus Ganas Paling Mematikan Sepanjang Sejarah
Unik, Informatif , Inspiratif

Ini 5 Virus Ganas Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

0

SUDAH sejak lama manusia hidup bersama dan mencoba untuk melawan ganasnya virus-virus mematikan. Perlu Anda ketahui bahwa jauh sebelum dunia medis secanggih saat ini, virus seperti influenza sekali pun bisa sangat mematikan. 

Wabah dan infeksi virus sudah ada sejak lebih dari 12 ribu tahun lalu. Mereka ikut berevolusi seiring perkembangan zaman dan menjangkiti manusia hingga menjadi wabah maut mematikan.

BACA JUGA: Ini Langkah Preventif dan Cara pencegahan Virus Corona

Beberapa virus dapat ditangkal dengan kemajuan medis. Namun sebaliknya, sebagian virus seperti Herpes justru bertahan sejak 80 juta tahun lalu dan tetap menjadi virus yang mematikan. Berikut ini lima virus paling mematikan dalam sejarah:

Flu Spanyol

Pada tahun 1918, bala tentara di parit-parit Prancis utara mulai mati dalam jumlah besar akibat epidemi ganas yang dijuluki dengan Flu Spanyol. Virus ini pun menyebar ke seluruh benua, dan membunuh banyak jiwa seluruh dunia.

Dalam beberapa bulan saja, sekitar setengah miliar orang, sepertiga populasi global, ambruk oleh virus itu. Di India, virus tersebut membunuh 5 persen populasi. Di Tahiti, 14 persen penduduk mati. Akibat dari virus Flu Spanyol, 50 juta-100 juta mati dalam waktu kurang dari setahun.

Smallpox

Smallpox merupakan tipe cacar yang sangat langka dan telah muncul sejak ratusan tahun yang lalu. Di tahun 1980 disebutkan dunia telah bebas dari penyakit yang bisa menyebabkan luka permanen dan dalam dan juga kebutaan bagi yang bisa sembuh.

Ebola

Wabah Ebola pertama kali menyerang manusia secara simultan di Sudan dan Republik Kongo di tahun 1976. Virus Ebola disebarkan melalui kontak darah atau cairan tubuh lainnya, atau jaringan dari orang atau hewan yang terinfeksi.

Ada beberapa jenis Ebola yang tidak menyebabkan orang sakit, seperti Ebola Reston. Untuk jenis Bundibugyo, tingkat kematiannya mencapi 50 persen, dan jenis Sudan bisa mencapai 71 persen, menurut WHO. Kabar terakhir, Kongo masih berjuang melawan Ebola yang kembali mewabah.

HIV

Virus menular yang satu ini hingga sekarang menjadi momok mematikan, karena begitu sulitnya untuk mengatasi virus ini. Karena sebenarnya virus HIV tidak secara langsung membunuh, seperti wabah lainnya. Akan tetapi merusak sistem kekebalan tubuh sehingga membuat pengidapnya rawan pada berbagai penyakit lain.

BACA JUGA: Cegah Penyebaran Virus HIV dengan Buah Pisang!

Virus HIV mengakibat pengidapnya kekurangan kekebalan tubuh yang menimbulkan penyakit AIDS. Sejak mencuat pada awal 1980an, lebih dari 30 juta orang tewas akibat AIDS, dan puluhan juta lainnya menderita kerusakan fisik dan psikologis yang menyiksa.

Rabies

Virus yang tergolong neurotropika ini ditularkan lewat air liur hewan kepada manusia. Virus ini bakal bekerja 100 persen saat gejalanya mulai berkembang. Oleh karena itu, jika gejala muncul, maka angka kematian hampir selalu 100 persen. Akibat dari virus ini tergolong fatal karena langsung menyerang otak dan sistem saraf manusia. []

SUMBER: CNN | IDN TIMES


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.