sulit hamil

Ini 6 Cara Atasi Jantung Berdebar Pada Ibu Hamil

Salah satu perubahan yang terjadi pada wanita yang tengah hamil adalah detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Pada umumnya, jantung berdebar saat hamil tidak berbahaya dan juga dipandang normal.

Biasanya, jantung berdebar saat hamil akan hilang setelah Bunda melahirkan. Semua perubahan yang terjadi pada tubuh pun akan kembali ke keadaan sebelum hamil. Dengan kata lain, selama jantung berdebar saat hamil tidak disertai gejala parah dan bukan akibat dari kondisi serius, dokter kemungkinan tidak akan merekomendasikan pengobatan apa pun.

 

Namun terkadang, jantung berdebar saat hamil bisa menjadi gejala tiroid yang terlalu aktif, terutama jika Bunda memiliki gejala kelainan tiroid lainnya. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, jantung berdebar saat hamil yang disertai sesak napas bisa menjadi pertanda adanya aritmia jantung, yaitu suatu kelainan pada irama jantung.

Ketika mengalami jantung berdebar saat hamil jangan panik, ini beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Rutin ke dokter kandungan selama kehamilan untuk melakukan pemeriksaan antenatal.

2. Istirahat yang banyak dan dan hindari aktivitas fisik yang berat.

3. Pantau kenaikan berat badan saat hamil. Berat badan naik terlalu banyak saat hamil memberi beban atau tekanan tambahan pada jantung.

4. Kelola stres dengan baik.

5. Hindari rokok serta konsumsi alkohol, kafein dan obat-obatan terlarang.

6. Minum obat sesuai resep dokter, jika dibutuhkan.

Namun jika ibu hamil mengalami jantung berdebar yang disertai dengan sesak napas, sulit bernapas, denyut jantung cepat atau denyut nadi tidak teratur, dada terasa sakit, pusing, lemas, batuk berdarah atau batuk di malam hari, segera konsultasi ke dokter atau unit gawat darurat di rumah sakit terdekat. []

Sumber: alodokter.com


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Terlanjur Haid, Shalat Belum Dikerjakan, Apakah Harus Mengganti?

Sebaliknya dalam mazhab Asy-Syafi'iyah, kewajiban shalatnya tidak gugur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *