mitos
Foto: ekkostorm.com

Ini 6 Mitos Ilmiah yang Masih Dipercaya Orang Banyak

Banyak fakta ilmiah yang tidak ada dasar penelitiannya. Namun anehnya, masih ada aja orang yang mempercayainya. Seperti halnya 6 mitos ilmiah berikut yang masih dipercaya orang banyak yang dikutip dari idntimes.com.

1. Tembok besar Tiongkok bisa terlihat dari bulan
Yang benar adalah tembok besar Tiongkok gak bisa terlihat dari bulan. Bukan hanya atmosfer bumi diselimuti oleh banyak satelit dan stasiun luar angkasa, foto yang diambil dari bulan menyatakan bahwa gak ada satu pun objek di bumi (baik alam maupun buatan manusia) yang bisa dilihat dari bulan. Yang bisa terlihat dari bulan hanya lautan dan negara-negara yang membentuk benua.

2. Wortel akan membuatmu bisa melihat dengan tajam di malam hari
Wortel memang kaya akan vitamin A yang baik untuk mata, tapi bukan berarti bisa membuat matamu melihat dalam gelap seperti kucing. Mitos ini dibuat agar anak-anak doyan sayur, dimulai pada masa Perang Dunia yang menyatakan bahwa para angkatan udara mampu melihat dalam gelap karena memakan wortel.

3. Kelelawar itu buta
Ya, kelelawar memang memiliki kemampuan ekolokasi yang hebat untuk mengenal lingkungan sekitarnya. Namun bukan berarti mereka buta. Mereka tetap bisa melihat (walau penglihatannya gak cukup baik),mereka hanya gak perlu melihat dengan kemampuan ekolokasi sehebat itu, apalagi saat malam hari.

4. Monster Loch Ness
Mitos tentang Loch Ness itu berawal dari hoax. Orang yang mengambil fotonya pertama kali menyatakan sendiri bahwa itu hoax dan ia hanya ingin namanya (Nessie) menjadi bagian dari sesuatu yang terkenal selama-lamanya. Wow, kebohongan yang luar biasa!

5. Petir gak menyambar dua kali di tempat yang sama
Ternyata kita bisa menyiasatinya dengan memanipulasi petir untuk menyambar tempat yang sama menggunakan konduktor listrik. Namun terlepas dari itu, alam juga bisa melakukannya sendiri. Petir menyambar mana saja terutama objek yang tinggi atau tajam vertikal. Memang jarang menyambar tempat yang sama, tapi bisa.

6. Pendaratan di bulan itu cuma bohongan
Jika semua tayangan dan dokumentasi pendaratan di bulan itu cuma hoax, Rusia bisa menyebutkan alasannya. Namun ternyata Rusia gak menyanggah apapun padahal mereka yang pertama kali menyebarkan berita bahwa momen pendaratan di bulan itu semua cuma bohongan. Jika memang bohongan, semua pihak yang terlibat dengan hal tersebut harus terus konsisten menjaga rahasia. Padahal sudah banyak yang berhasil membajak data pemerintahan Amerika Serikat, tapi gak ada rahasia apapun soal ini.

Di antara semua mitos ilmiah di atas, mana yang sempat kamu percaya atau masih kamu percaya? []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *