Foto: Digital Resources

Ini 7 Fitur Baru Layanan Streaming Facebook Live

Foto: Digital Resources

INSPIRADATA. Sebuah laporan yang dirilis oleh situs The Information, mengemukakan para pengguna Facebook kini semakin enggan untuk berbagi pengalaman pribadi mereka di media sosial terbesar di dunia tersebut.

Sejak pertengahan tahun 2014 hingga pertengahan 2015, konten pribadi yang dibagikan lewat Facebook mengalami penurunan sebesar 21 persen. Sejak itu hingga sekarang, angka tersebut kembali mengalami penurunan sebanyak 15 persen.

Untuk itu, Facebook pun berusaha mengajak para penggunanya untuk membuat lebih banyak konten pribadi, salah satunya lewat layanan Facebook Live. Dengan layanan ini, kamu bisa menyiarkan video secara live kepada pengguna Facebook yang lain.

Berikut 7 fitur terbaru layanan Facebook Live:

1. Siaran langsung untuk orang-orang tertentu

Bagi seorang pengguna biasa, tentu tidak akan ada gunanya untuk menyiarkan sebuah video secara langsung ke seluruh dunia. Oleh karena itu, Facebook pun memungkinkan para penggunanya untuk hanya menyiarkan sebuah video ke sebuah grup tertentu, seperti grup keluarga, atau rekan kerja.

Selain itu, kamu juga bisa membuat sebuah video siaran langsung dengan sebuah event di Facebook. Dengan begitu, hanya pengguna yang telah melakukan booking (RSVP) terhadapevent tersebut saja yang bisa menyaksikan video yang kamu siarkan.

Apabila kamu ingin mengundang teman kamu untuk menonton sebuah video yang sama, kamu bisa mengirim undangan kepada mereka dengan cara menekan tombol yang berada di kiri bawah layar.

2. Interaksi lewat Reactions

Beberapa waktu yang lalu, Facebook baru saja memperkenalkan lima Reaction baru sebagai tambahan dari tombol Like. Kelima Reaction tersebut adalah Love, Haha, Wow, Sad, dan Angry. Facebook kini memungkinkan kamu untuk mengirimkan Reaction tersebut ketika sedang menonton siaran langsung di Facebook Live.

Setiap kali kamu mengirimkan Reaction, maka Reaction tersebut akan muncul di video dan dilihat oleh sang pembuat video dan penonton yang lain. Reaction tersebut tetap bisa kamu lihat jika kamu memutar kembali video tersebut setelah siaran langsung berakhir. Fitur ini serupa dengan fitur Heart di Periscope, yang memungkinkan kamu mengirim “Hati” apabila kamu menyukai sebuah momen di video tersebut.

3. Filter untuk video

Agar video yang disiarkan langsung di Facebook Live menjadi lebih menarik, Facebook pun menyediakan fitur Live Filters. Fitur ini serupa dengan Filter yang biasa kamu gunakan saat mengedit foto di Instagram. Saat ini, Facebook baru menyediakan lima Filter, di antaranya Classical, dan Country. Facebook juga berencana untuk menambahkan fitur untuk membuat tulisan di dalam video, seperti yang bisa kamu lakukan ketika mengedit video di Snapchat.

4. Tab khusus untuk video

Untuk memudahkan pengguna dalam mencari video, Facebook pun menyiapkan sebuah tabkhusus untuk semua video yang diunggah penggunanya, baik yang sedang disiarkan secara langsung maupun video-video lainnya. Facebook bahkan menyediakan mesin pencari khusus untuk video di bagian atas tab tersebut.

5. Live Map

Apabila kamu ingin melihat video yang sedang disiarkan langsung di daerah tertentu, kamu bisa mengaksesnya lewat sebuah peta bernama Live Map. Kamu hanya perlu memilih lokasi siaran langsung yang ingin kamu saksikan. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia apabila kamu mengakses Facebook lewat Desktop.

6. Metrik yang lengkap

Apabila kamu menyiarkan video secara langsung, tentu kamu ingin mengetahui kapan penonton mulai menonton video kamu, dan kapan mereka pergi. Facebook Live bisa menyediakan metrik tersebut, lengkap dengan jumlah pengguna yang menonton, serta berapa lama rata-rata mereka bertahan menonton video tersebut.

7. Video terkait Trending Topic

Facebook memang telah mempunyai sebuah fitur Trending Topic, yang berisi topik-topik yang sedang dibicarakan banyak orang pada suatu waktu. Karena itu, untuk mempermudah pengguna dalam menemukan video yang sedang “hangat” diperbincangkan, Facebook pun akan menampilkan video siaran langsung yang terkait dengan Trending Topic pada saat tersebut.

Melalui keterangan di blog resmi mereka, Facebook mengatakan kalau para pengguna mereka bisa menikmati fitur-fitur baru tersebut di aplikasi Android dan iOS dalam beberapa minggu ke depan. []


Artikel Terkait :

About Ari Cahya Pujianto

Hanya Pemuda Akhir Zaman yang Terus Memperbaiki Diri

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *