Ini 7 Manfaat Lain dari Obat Salep Mentol

obat salep mentol
obat salep mentol (foto: blibli)

INSPIRADATA. Vicks VapoRub atau obat salep mentol yang sering digunakan untuk mengatasi masalah sakit kepala, pilek atau flu. Dengan mengoleskan obat tersebut, sakit yang diderita pun akan dengan mudah hilang. Namun, tahukah Anda kalau ternyata obat salep mentol memiliki kegunaan lain untuk kehidupan sehari-hari.

Seperti dilansir laman Bright Side, Sabtu (01/04/2017), ternyata ada beberapa manfaat lain dari obat salep mentol yang dapat Anda aplikasikan di rumah. Penasaran untuk apa saja?

1. Mengusir serangga

Obat salep mentol ternyata dapat digunakan untuk mengusir berbagai jenis serangga, misalnya nyamuk, lalat atau serangga lainnya. Coba buka wadahnya agar aroma mentolnya menyebar ke seluruh ruangan.

2. Merawat kaki

Sebelum tidur, olesi obat salep mentol ke bagian tumit dan area-area kaki yang kering, lalu gunakan kaus kaki. Pastikan menggunakan kaus kaki untuk menyamarkan aroma mentol yang menyengat.

Kemudian, bilas kaki hingga bersih di keesokan paginya. Anda pun dapat melanjutkannya dengan menggosokkan batu apung pada kaki untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengaplikasikan lotion setelahnya.

3. Menghilangkan stretch mark

Oleskan obat salep mentol secukupnya pada bagian tubuh yang memiliki stretch mark. Tunggu hasilnya dalam waktu 2 minggu, stretch mark pada tubuh akan berkurang secara bertahap.

4. Mengobati jamur kuku kaki

Jika Anda mengalami jamur kuku pada kaki, cobalah mengaplikasikan obat salep mentol secukupnya pada kuku yang terkena jamur setiap malam. Kemudian, gunakan kaus kaki. Keesokan harinya, cuci kaki dan gunting kuku yang terkena jamur. Ulangi setiap malam hingga kuku sembuh dan bersih.

5. Bantu atasi memar

Oleskan obat salep mentol ke bagian tubuh yang memar. Salep mentol akan mengurangi pembengkakan dan memar yang akan hilang dengan cepat.

6. Menghilangkan jerawat

Oleskan obat salep mentol tipis-tipis pada wajah yang berjerawat. Biarkan semalaman dan bersihkan wajah pada keesokan paginya. Tetap semangat menunggu perubahan positif yang akan terjadi segera pada wajah Anda.

7. Bantu menyingkirkan lemak di perut

Coba campurkan satu sendok makan kapur barus yang sudah dihaluskan dengan satu sendok alkohol, satu sendok baking soda dan setengah botol obat salep mentol. Aduk hingga membentuk pasta. Oleskan ramuan ini pada bagian perut sebelum Anda berolahraga, lalu balut dengan plastic wrap. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih sehabis selesai olahraga.

Obat salep mentol memiliki efek yang sama seperti krim pelangsing mahal. Aplikasikan ramuan ini secara rutin setiap 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tips:

– Sebelum menggunakan obat salep mentol, Anda harus mencobanya terlebih dahulu pada kulit. Untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak, coba oleskan obat salep mentol pada punggung tangan dan tunggu beberapa menit. Jika merasa panas, terbakar atau kemerahan sebaiknya jangan digunakan sama sekali.

– Hindari menggunakan obat salep mentol pada anak di bawah usia 2 tahun, karena dapat mempengaruhi saluran pernapasan.

– Jika Anda ragu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *