corona, Ini 7 Negara Paling Sehat di Dunia 2019 yang Terdampak Virus Corona
Unik, Informatif , Inspiratif

Ini 7 Negara Paling Sehat di Dunia 2019 yang Terdampak Virus Corona

0

VIRUS Corona atau Covid-19 telah menjangkiti lebih dari separuh negara-negara di dunia. Berdasarkan keanggotaan negara yang terhimpun dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), setidaknya 107 dari 193 negara telah telah kena wabah virus mematikan asal Wuhan Cina ini.

Hingga Senin (9/3/2020) siang, total kasus virus corona di dunia mencapai 109.271 kasus. Sebanyak 3.816 di antaranya meninggal dunia dan 62.176 orang sembuh.

Mirisnya, virus mematikan asal Wuhan Cina ini juga menjangkiti beberapa negara di dunia yang dinobatkan sebagai negara paling sehat di dunia pada 2019 silam. Berikut tujuh negara paling sehat di dunia yang tak luput dari ancaman virus Corona:

Spanyol

Spanyol menduduki posisi sebagai negara paling sehat di dunia menurut Bloomberg Healthies Country Index. Spanyol memang menunjukan kemajuan yang signifikan dalam urusan hidup sehat. Dengan gaya hidup sehat yang diterapkan Spanyol, menurut data PBB, pada 2040 mendatang Spanyol memiliki usia hidup tertinggi di antara negara Eropa lainnya, dengan usia hidup hampir 86 tahun.

BACA JUGA: Rempah-rempah Ini Dipercaya Mampu Tangkal Virus Corona, Apa Saja?

Meski menjadi negara paling sehat di dunia, saat ini Spanyol menjadi negara keempat terbanyak di Eropa yang terjangkit virus Corona. Italia menjadi yang terbanyak dengan 3.858 kasus, kemudian ada Jerman (534), dan Prancis (420).

WHO menyebut kasus virus Corona atau Covid-19 di Spanyol sudah menjangkiti 257 orang.

Italia

Dikenal dengan makanan dan gaya hidup sehat, bukan menjadi hal mengejutkan saat Italia menjadi negara tersehat peringkat kedua dengan nilai 95.83. Hasil nilai yang tak begitu jauh dengan Spanyol, membuat kedua negara tersebut wajar jika memenangkannya.

Sayangnya, kini Italia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah infeksi terbesar di luar Cina, tempat virus itu berasal. Jumlah korban tewasnya melonjak dalam satu hari, dari 233 menjadi 366, para pejabat mengumumkan, sebagaimana dikutip Business Insider, Senin (9/3/2020).

133 kematian baru datang bersamaan dengan lonjakan infeksi dari 5.883 menjadi 7.375.

Islandia

Kesegaran udara yang jauh dari polusi dan budaya masyarakatnya yang banyak makan makanan alami membuat Islandia mendapat posisi ketiga negara paling sehat sedunia.

Tiga kasus pertama orang yang terinfeksi virus corona telah dikonfirmasi di Islandia. Temuan ini diungkapkan Departemen Perlindungan Sipil dan Manajemen Darurat negara itu pada awal Maret 2020.

Jepang

Sebagai negara paling sehat di bagian Asia dan menempati peringkat 4 sebagai negara tersehat di dunia. Wajar saja, Jepang memiliki usia hidup tertinggi mencapai lebih dari 84 tahun, Jepang dikenal dengan makanan sehat dan rendah lemak. Orang Jepang suka memakan ikan dan sayuran dan cara memasak lebih banyak dengan merebus. Porsi makan mereka juga sedikit, di dalam piring yang kecil.

Bertetangga dengan Cina membuat Jepang ikut terdampak virus Corona seperti Korea selatan. Penyebaran virus corona di Jepang tercatat mencapai 1.023 orang dengan 706 diantaranya berasal dari kapal pesiar Diamond Princess.

Direktur Eksekutif Institut Penelitian Tata Kelola Medis Jepang, Masahiro Kami mengatakan kemungkinan angka infeksi virus corona jauh lebih tinggi dari yang dilaporkan. Tingkat infeksi yang diungkap pemerintah diduga hanya fenomena ‘gunung es’.

Swiss

Udara segar setiap hari, pemandangan alami, dan populasi yang kecil menjadikan Swiss terkenal dengan gaya hidup sangat sehat di dunia. Diprediksikan untuk 2030 usia hidup mereka mencapai 84 tahun.

Berdasarkan data John Hopkins CSSE hingga Selasa (10/3/2020) pagi, Swiss berdiri di urutan ke-10 sebagai negara dengan kasus virus corona terbanyak di dunia. Mereka memiliki total 374 kasus, dengan jumlah meninggal mencapai 2 orang.

Swedia

Gaya hidup yang aktif, sering melakukan olahraga membuat Swedia masuk ke dalam daftar negara dengan gaya hidup paling sehat. Masyarakatnya sering melakukan olahraga, menggunakan sepeda sebagai kendaraan, dan hiking yang paling populer di sana.

Meski begitu Swedia tak luput dari ancaman virus Corona. Wilayah Stockholm, Swedia telah mencatat setidaknya ada 28 kasus baru virus corona per Kamis, 5 Maret 2020. Pemerintah setempat mengungkap bahwa angka itu membuat jumlah kasus positif corona di Swedia menyentuh angka 88.

14 orang di antaranya telah dikonfirmasi terkena virus tersebut saat bepergian ke Italia dan memang punya kontak langsung dengan pasien corona di sana.

BACA JUGA: Apa Itu Virus Corona?

Australia

Mendapatkan peringkat ketujuh sebagai negara gaya hidup paling sehat, membuat Australia memilki angka hidup mencapai 80 tahun untuk lelaki, dan 84 tahun untuk perempuan.

Australia juga menyediakan sistem kesehatan terbaik. Mereka memberikan semua orang akses ke perawatan kesehatan dan juga layanan berbasis rumah sakit. Terutama untuk mereka yang dalam keadaan darurat dan penyakit akut.

Virus corona di Australia hingga Senin (9/3/2020) mencapai 75 kasus dengan 3 kematian.

Terkait menyebarnya virus Corona, Menteri Kesehatan Australia menyerukan agar orang-orang berhenti menimbun persediaan supermarket sebagai persiapan menghadapi virus ini. Ditambahkan juga, Australia harus menggunakan semangat komunitas seperti yang ditunjukkan selama krisis kebakaran musim panas. []

SUMBER: CNBC | KUMPARAN | KOMPAS | TIRTO | NYT

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.