Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Akibanya Jika Kita Tidak Mengefisienkan Waktu

0

Allah SWT melalui beberapa ayat Al-Qur’an telah bersumpah dengan waktu-waktu, seperti waktu dhuha, waktu subuh dan lain sebagainya. Allah SWT bersumpah dengan waktu-waktu ini agar kita mengetahui nilainya, dan agar kita memeliharanya, serta kita tidak mempergunakan waktu itu untuk hal yang tidak bermanfaat.

Mengingat nilainya yang begitu tinggi, maka hendaknya kita menggunakan waktu dengan tepat dan efisien. Jangan sampai waktu yang ada kita sia-siakan untuk kegiatan yang tidak membawa manfaat bagi kita, contohnya menghabiskan waktu hanya untuk sekadar nongkrong dan bersenda gurau hingga larut malam.

BACA JUGA: Waktu Terbaik Melaksanakan Shalat Dhuha

Mubazir waktu kita jika terbuang karena hal yang demikian. Padahal waktu yang terbuang itu bisa kita gunakan untuk memperbanyak dzikir atau bertilawah. Jika tidak bisa mengefisienkan waktu akan ada beberapa akibat buruk yang akan kita dapat, di antaranya:

1. Pekerjaan Menumpuk

Apabila kita tidak mempergunakan waktu dengan efisien, maka pekerjaan kita akan banyak yang tertunda. Sehingga ketika datang pekerjaan lain sedangkan pekerjaan sebelumnya belum terselesaikan, ini akan membuat pekerjaan kita menumpuk. Jika demikian, kita harus tahu apa penyebab tertundanya pekerjaan kita dan mulailah mengevaluasi penyebab itu.

Contohnya, jika kita sangat ketergantungan dengan handphone dan media sosial, maka saat memulai pekerjaan, hendaknya kita mengucap basmallah lalu matikan atau senyapkan handphone kita agar tidak terdengar notifikasi dari media sosial yang sering mengalihkan kita dari pekerjaan. Dengan demikian waktu bekerja kita menjadi efisien dan pekerjaan kita tidak menumpuk.

BACA JUGA: Tidak Bisa Atur Waktu? Coba Management Waktu Ala Rasulullah

2. Hasil Tidak Optimal

Sistem kebut semalam seringkali menjadi bahan gurauan pelaku pendidikan baik siswa mau pun guru ketika ujian akan datang. Namun faktanya, sistem kebut semalan ini memang benar adanya, di mana siswa kebanyakan tidak mengefisienkan waktu belajarnya di hari-hari biasa dan tidak pernah mengulang pelajarannya di rumah. Sehingga ketika ujian itu datang, mereka sibuk mengahafal semalam sebelum hari ujian.

Akhirnya ketika ujian berlangsung, hanya sedikit materi yang mereka kuasai dan menyontek pun jadi alternatif yang paling banyak dipakai. Padahal apabila pada hari-hari biasa kita rajin mengulang pelajaran yang telah guru berikan, maka hasilnya kita tidak perlu sampai menyontek. Demikian, untuk pelajar apabila waktu yang ada tidak kita efisienkan untuk belajar dengan sungguh-sungguh maka hasil yang kita dapat tidak akan optimal.

BACA JUGA: Inilah Rahasia Allah di Balik Penetapan Waktu Shalat

3. Hanya Mendapat Sedikit Modal

Waku kita yang hanya sebentar ini, hendaknya kita efisienkan untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya. Karena mereka yang tidak mengefisienkan waktunya untuk berbuat kebajikan hanya akan menyesal karena mendapat sedikit pahala dan sedikit pula modal untuk menuju surga.

Maka, saudaraku, ingatlah sebagai hamba yang taat, hendaknya kita bisa mengefisienkan amanah waktu yang telah Allah SWT berikan ini dengan baik agar kelak mendapat hasil yang baik di akhirat. []

 

SUMBER: ISLAMPOS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline