Foto: Coroflot

Ini Akibat dari Penggunaan Google Berlebih di Hari Tua

Google, satu diantara banyak hal yang paling diandalakan dewasa ini. Kebiasaan kita sangat dalam untuk mengandalkannya ketika membutuhkan informasi. Namun, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan tersebut bisa menyebabkan dimensia atau pikun.

Fakta mengejutkan tersebut berasal dari hasil penelitian Professor Frank Gunn-Moore dari School of Biology, St. Andrews University.

Dalam penelitiannya, ditemukan bahwa orang-orang yang terlalu mengandalkan internet, alih-alih memakai daya ingatnya akan cenderung lebih berisiko terkena demensia.

Mengingat sangat banyak orang yang kini mengandalkan internet, Prof. Gunn-Moore bahkan menyebutkan bahwa kita tinggal menunggu saja dalam beberapa tahun ke depan bagaimana efek dari penggunaan internet dengan berlebihan ini.

Ini Sebabnya

Prof Gunn-Moore menyebutkan bahwa kita ini cenderung langsung mencari segala sesuatu di internet daripada mencoba untuk mengingat kembali informasi dalam otak kita karena menganggapnya lebih mudah dan praktis untuk dilakukan.

Dan, hal ini akan berpengaruh besar bagi kesehatan otak kita. Secara perlahan, daya ingat dan fungsi otak akan semakin menurun dan dampaknya tentu saja akan membuat kita lebih mudah pikun saat usia tua nanti.

Padahal, menjadi pikun di usia tua akan membuat kita mengalami penurunan kualitas hidup dengan signifikan.

Tak hanya penggunaan internet yang berlebihan, hal lain yang bisa semakin menurunkan kesehatan manusia adalah gaya hidup tidak sehat yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau obesitas. []

Doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *