Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Alasan Bunuh Cicak Dapat Pahala

0

Sebagian orang membunuh cicak adalah hal yang biasa, namun di balik itu semua ada sejarah dimana saat Rasulullah SAW pernah menyuruh Nabi Ibrahim As untuk membunuh cicak.

Berikut adalah hadits-hadits yang membenarkan bahwa, membunuh cicak mendapat pahala hingga 100 kebaikan.

Dalam sahih Muslim, Sunan Abu Daud dan Jami’ at Tirmidzi, dari Abu Hurairoh berkata: Rasulullah SAW bersabda, ” Barang siapa membunuh cicak maka pada awal pukulannya baginya ini dan itu satu kebaikan. Barang siapa yang membunuhnya dalam pukulan kedua maka baginya ini dan itu satu kebaikan yang berbeda dengan yang pertama. Jika dia membunuhnya pada pukulan ketiga maka baginya ini dan itu kebaikan yang berbeda dengan yang kedua” .

Related Posts
1

Tradisi Buruk dalam Resepsi Pernikahan

Di dalam sahih Muslim disebutkan: ” Barangsiapa yang membunuh cicak pada satu kali pukulan maka baginya seratus kebaikan. Dan jika pada pukulan kedua maka baginya (kebaikan) berbeda dengan itu (yang pertama), dan jika pada pukulan ketiga maka baginya (kebaikan) berbeda dengan itu (yang kedua)” .

Di dalam ” al Mu’jam al Ausath” milik Thabrani dari hadis Aisyah berkata, ” Aku mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa yang membunuh cicak maka Allah akan menghapuskan tujuh kesalahan atasnya’.”

Ibnu Majah meriwayatkan di dalam ” Sunan” dari Saibah Maulah al Fakih bin al Mughiroh bahwa dirinya menemui Aisyah dan melihat di rumahnya terdapat sebuah tombak yang tergeletak.

Dia pun bertanya kepada Aisyah, ” Wahai Ibu kaum mukminin apa yang engkau lakukan dengan tombak ini?” Aisyah menjawab, ” Kami baru saja membunuh cicak-cicak. Sesungguhnya Nabi SAW pernah memberitahu kami bahwa tatkala Ibrahim AS dilemparkan ke dalam api tak satu pun binatang di bumi saat itu kecuali dia akan memadamkannya kecuali cicak yang meniup-niupkan apinya. Maka Rasulullah SAW memerintahkan untuk membunuhnya” . Kitab ” az Zawaid” menyebutkan bahwa hadis Aisyah ini sahih dan orang-orangnya bisa dipercaya. []

 

 

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.