Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Alasan di Balik Gaya Rambut Orang Yahudi

0

Jika Anda melihat orang Yahudi, ada perbedaan yang mencolok dari gaya rambut yang mereka miliki. Meski tidak semua orang Yahudi memakai gaya tersebut, namun sudah bisa dipastikan bahwa gaya rambut seperti ini milik orang Yahudi.

Selain janggut dan kebiasaan memakai topi lebar, mereka juga memanjangkan rambut di kedua sisi kanan-kiri kepalanya. Apakah ada artinya?

Gaya rambut ini disebut ‘peyot’ yang sebagian besar dianut oleh para Haredi Ashkenazi (Yahudi Ortodoks) dan Yahudi di Yaman. Bagi orang Yahudi Yaman, peyot ini disebut simanim yang berarti ‘tanda’. Sebagai tanda, kebiasaan kuno ini berarti untuk membedakan antara orang Yahudi dengan masyarakat Yaman yang muslim.

BACA JUGA: Mengapa Yerusalem Penting bagi Islam, Kristen dan Yahudi

Anjuran gaya ini juga berasal dari larangan yang tertulis di Taurat. Kemudian oleh para Rabi seperti dirangkum dalam Talmud menafsirkan larangan itu untuk tidak merusak tepi janggut mereka.

Oleh karena itu, orang-orang Yahudi tidak mau memotong dan membiarkannya tumbuh panjang.

Mengenai gaya dan panjang peyot sendiri ada beberapa pendapat. Ada yang mengharuskannya memanjang sampai di bawah telinga, sementara yang lain berpendapat bahwa itu harus meluas ke sisi telinga.

Sementara itu, Rabi Samson Raphael Hirsch menunjukkan bahwa peyot merupakan pemisahan simbolis antara bagian depan otak dan bagian belakang.

BACA JUGA: Misteri Bangsa Filistin dan Fitnah Yahudi Selama Ribuan Tahun Silam

Bagian depan adalah intelektual, bagian belakang lebih ke fisik. Pemakai peyot dengan demikian membuat pernyataan bahwa orang yahudi menyadari tentang kedua fungsi sisi pikirannya.

Sehingga mereka berniat untuk menjaga keseimbangan di antara keduanya. Ada berbagai adat istiadat lain tentang peyot: menyelipkannya ke belakang telinga atau menggulung-gulungnya dalam lingkaran panjang. Beberapa kebiasaan ini didasarkan pada ajaran mistik, sementara yang lain lebih didasarkan pada norma-norma masyarakat. []

Sumber: tribunjambi.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.