Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Alasan Kenapa Kita Harus Memotong Kuku

0

 

Kebersihan adalah sebagian dari iman, itulah kutipan dari hadis yang merupakan sumber keimanan kita. Degan menjaga kebersihan tubuh akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit dan kadang orang – orang lupa akan hal ini dari mulai hal terkecil saja, dari kuku yang kadang lupa untuk dibersihkan.

Bagi orang islam, memotong kuku memang salah satu sunah yang telah diperintahkan oleh nabi Muhamad SAW sejak zaman dulu. Dan tentu saja, selain untuk menjaga kebersihan anggota badan, memotong kuku juga ternyata memiliki banyak banyak manfaat. Dan berikut ini beberapa alasan kenapa kita perlu memotong kuku:

1. Memotong kuku dapat menghindari kita dari penyakit pencernaan dan penyakit mata.

Mikroba Patogen merupakan perantara penyebaran penyakit, terutama penyakit pencernaan dan penyakit mata.

Yang mengerikan, mikroba jenis ini sering bersarang pada kuku kita, terutama kuku yang panjang, bersamaan dengan kotoran lainnya. dan pastinya, kuku yang panjang menjadi sarana yang secara tidak langsung akan “mempertemukan” kita dengan berbagai jenis penyakit.

2. Memotong kuku dapat mencegah kita dari berbagai macam infeksi. Dengan memotong kuku yang melebihi jari, maka bagian kulit di bawah kuku dapat mudah dibersihkan, tidak cacat, dan jari-jari kita dapat mudah bekerja secara maksimal.

Dengan kuku yang panjang, aktivitas kita dapat terganggu dan mungkin juga interaksi kita dengan orang lain menjadi kurang leluasa.

3. Dengan memotong kuku berarti kita mencegah penularan penyakit kepada orang lain. Kuku yang kotor menyimpan banyak kuman dan bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang dikonsumsi.

Jika tangan dan kuku kita kotor lalu berjabat tangan dengan orang lain, bukan tidak mungkin jika orang tersebut terkena penyakit karena bakteri yang berasal dari kuku kita.

Jadi sebagai seorang muslim, selain menjalankan sunah rosul, memotong kukupun berarti menjaga kesehatan dan kebersihan badan kita. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.