Unik, Informatif , Inspiratif

Kenapa Mata Terpejam saat Bersin?

0

Bersin tentu semua orang pernah mengalaminya. Hal itu terjadi saat hidung terasa gatal. Biasanya saat bersin terjadi, mata selaly terpejam. Mengapa demikian?

BACA JUGA: Hikmah di Balik Perintah Saling Mendoakan Saat Bersin

Seorang dari pusat kesehatan Mata dan Telinga Massachusettse Dr. Bonnie mengatakan saraf-saraf organ mata dan hidung itu berkaitan. Maka dari itu saat bersin terjadi, mata spontan tertutup guna melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung.

Bersin terjadi karena ujung saraf mendeteksi adanya virus atau bakteri dalam hidung. Selain itu bersin juga terjadi saat hidung menyium bau menyengat atau reaksi dari alergi.

Proses terjadinya bersin yaitu saraf hidung akan mengirim sinyal ke otak untuk membersihkan saluran udara. Kemudian terjadilah hentakan dari mulut dan hidung. Setelah bersin terjadi, mata pun otomatis terbuka kembali.

Berbeda dengan mata yang bereaksi menutup. Saat bersin, jantung berhenti berdetak nol koma sekian detik. Inilah yang menyebabkan kebanyakan orang menucapkan kalimat syukur setelah bersin.

Seorang direktur Lown Cardiovascular Research Foundation di Bostom Dr Thomas Graboys menjelaskan alasan detak jantung berhenti sejenak saat bersin karena bersin dapat memicu perubahan tekanan pada dada yang dapat merangsang saraf vagus sehingga denyut jantung melambat.

BACA JUGA: Bisakah Bersin saat Tidur?

Di Indonesia setelah bersin banyak orang yang mengucapkan “Alhamdulillah”, di Amerika orang mengucapkan “Bless you”, di Jerman orang mengucapkan “Gesundheit”, dan di Yunani orang mengucapkan “Banish the Omen”.

SUMBER: GOKILBOWORDPRESS


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline