menag
ilustrasi/menag (foto: dream.co)

Ini Alasan Menag Lukman Hakim Saifuddin Serukan Ketentuan Ceramah

menag lukmah hakim saifuddin (
menag lukmah hakim saifuddin (foto: dream.co)

INSPIRADATA. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah mengeluarkan sembilan butir seruan tentang ketentuan ceramah di rumah ibadah. Dia mengatakan seruan ini hanya sebatas imbauan.

Lukman mengatakan pemerintah tidak bisa mengeluarkan aturan hukum positif untuk mengatur isi ceramah yang disampaikan. Rumah ibadah selama ini diberikan otonomi dalam mengatur ceramah.

“Kita harus tahu rumah ibadah di Indonesia itu memiliki otonomi yang sangat besar,” kata Lukman di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Jumat, (28/04/2017), seperti dilansir¬†Dream.co.

Menurut Lukman sebagian besar rumah ibadah dibangun oleh masyarakat. Secara tidak langsung, hal itu menumbuhkan hak otonomi pada rumah ibadah yang tidak dapat dicampuri pemerintah.

“Sebagaian besar rumah yang ada di Indonesia itu didirikan oleh masyarakat itu sendiri, yang dibangun oleh negara itu minim sekali,” ujar dia.

Dengan status tersebut, Lukman menegaskan hak otonomi yang dimiliki pengelola masjid sangat besar. ” Pemerintah tidak jauh melakukan intervensi,” kata dia.


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *