Foto: lovepanky

Ini Alasan Mengapa Bercanda Berlebihan dengan Teman Itu Tidak Baik

 

Siapa yang suka bercanda? Rasanya hampir semua orang menyukai bercanda dengan teman. Tetapi, tidak sedikit pula orang yang tidak menyukai candaan. Pasalnya, jika candaan itu bermaksud bully terhadap seseorang , maka tidak sedikit yang sakit hati akibat bercanda yang berlebihan.

Bersenda gurau tentu bukanlah sebuah kesalahan. Apalagi jika dilakukan bersama teman, hal tersebut justru sering menjadi sebuah kebiasaan. Bersama teman kita sering tertawa bersama hingga saling ejek, tujuannya tentu untuk bersenang-senang.

Namun perlu kamu ketahui bercanda juga ada batasannya. Jangan berlebihan dalam bercanda bersama teman, mengapa? Simak alasannya di bawah ini.

1. Berlebihan tentu tidak baik

Hati-hatilah dalam bercanda apalagi berlebihan sebab hal-hal yang berlebihan tentu tidak baik. Jangan sampai candaan yang hanya dimaksudkan untuk lucu-lucuan pada akhirnya malah menjadi akar dari permusuhan.

2. Berujung ilfeel

Kadang candaan punya batas kelucuannya masing-masing. Dan jika candaanmu terlalu berlebihan, justru bukannya lucu namun akan membuat temanmu ilfeel. Lihat juga situasi dan kondisi jika dirimu ingin bercanda. Karena dengan pintarnya dirimu menempatkan diri maka akan semakin mudah candaanmu diterima oleh teman-temanmu.

3. Rentan keceplosan

“eh lihat deh si Udin hidungnya pesek!”
Celetukan tersebut mungkin sambil diiringi gelak tawa bersama teman-temanmu. Namun sadarkah kamu bahwa hal tersebut bukan hal yang lucu bagi orang yang kamu jadikan bahan candaan

4. Berisiko terjadinya permusuhan

Jika sebuah candaan ada yang memasukkan ke hati, maka bersiaplah jalinan pertemananmu akan dirundung masalah.
Candaan adalah suatu kegiatan yang tentunya bertujuan untuk bersenang-senang. Jika candaan berakhir pada saling ejek hingga ke batas yang tidak wajar, ingatlah bahwa apa yang kamu lakukan terlalu berbahaya untuk diteruskan.

5. Membuatmu melakukan bullying secara tidak sadar

Bullying tidak sesederhana yang kamu pikirkan. Tahukah kamu ada hati yang remuk penuh luka diujung sana meski kamu tertawa, bahagia dan bersuka saat kamu melakukan candaan yang berlebih? Ada hati yang tersayat di bawah tawa simpul yang jenaka.

Semua itu tidak dapat dibatasi oleh yang namanya persahabatan, pertemanan bahkan keluarga sekalipun. Semua itu sangat-sangat dekat dengan kita.

Jangan bercanda berlebihan, boleh bercanda tetapi tidak berkepanjangan atau berlebihan. Semoga bermanfaat. []

SUMBER: idntimes.com


Artikel Terkait :

About Fickry Augustri

Check Also

sumber protein wanita

Pilih Menu Makanan Kukus untuk Berbuka, yuk!

Waktu buka puasa adalah saat-saat yang paling ditunggu oleh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Akhirnya, Anda bisa makan dan minum lagi setelah hampir seharian menahan rasa lapar dan haus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *