Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Alasan Orang Indonesia Ketik “Wkwk” saat Tertawa

0

Pernahkah Anda menuliskan kata ‘”wkwk” saat menggambarkan perasaan senang atau tertawa lewat chatting? Biasanya kata wkwk diekspresikan oleh netizen Indonesia saat tertawa. Ternyata, ini alasan orang Indonesia ketik wkwk saat tertawa lewat pesan.

Kata “Wkwk” yang dibaca “wak-wak” ini kabarnya hanya digunakan di kalangan orang Indonesia saja. Para pengguna situs asal Indonesia dalam situs Quora berdiskusi perihal sejarah dan alasan orang menuliskan kata wkwk saat tertawa.

Adalah Dio Wijayanto Nugroho, salah satu pengguna situs yang mengungkapkan alasan dibalik kata-kata wkwk yang marak digunakan. Ia menuturkan bahwa kata “wkwk” sebenarnya lahir di komunitas game online.

Awalnya, menurut Dio, para pemain lebih gemar menggunakan kata “gua” sebagai pengganti “saya”. Lambat laun, kata tersebut pun berganti menjadi “gw” karena lebih mudah untuk diketik, pemain hanya perlu mengetikkan dua huruf saja.

Perubahan juga terjadi di ekspresi tertawa. Penggunaan kata “haha” dianggap sangat formal di dunia game. Pemain lebih memilih untuk menggunakan kata “huehue” dan “huahua” untuk ekspresi tertawa.

Nah, sama seperti “gua” menjadi “gw”, huruf “u” yang ada di “huehue” dan “huahua” diubah menjadi “w”. Hasilnya, pemain memilih menggunakan kata “hwhwhw”.

Kemudian kata itu berubah lagi menjadi “wkwk” dengan alasan lebih mudah diketik dibandingkan “haha”.

Pemain game online bisa mengetikkan huruf “w” dengan tanpa menggerakan tangan kiri. Sementara itu, huruf “k” bisa diketik tanpa menggerakan tangan kanan. Itulah asal mula kata “wkwk”. []

Sumber: Kompas


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.