Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Alasan Turunnya Hujan Hanya Selebar I-4 Meter

0

Hujan merupakan nikmat Tuhan yang sudah biasa dirasakan oleh setiap orang. Hujan juga sudah biasa terjadi di Indonesia.

BACA JUGA: Anti Ribet, Hands-Free Umbrella Solusi di Musim Hujan

Namun, fenomena hujan yang dianggap aneh baru saja terjadi di Binjai, Sumatera Utara. Fenomena hujan ini menjadi viral di media sosial. Isi dari video tersebut terlihat hujan yang cukup deras di sebuah jalan.

Hal yang terlihat aneh yaitu hujan ini hanya turun seluas sekitar 1 meter dan kurang dari 5 meter. Hal itu membuat heboh orang-orang yang lebihatnya di jalan tersebut.

Mengetahui hal ini, Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Syahnan mengatakan fenomena hujan tersebut merupakan hal yang sudah biasa terjadi.

“Ini fenomena hujan lokal biasa,” ujar Syahnan Selasa (19/2/2019).

Hujan lokal ini biasa terjadi dan bisa jatuh di daerah tertentu. Hal ini terjadi karena adanya paksaan udara lembab yang mengalir naik menuju ke dataran tinggi atau pegunungan.

Faktor lainnya yaitu karena pemanasan lokal yang tidak seimbang. Pola hujan lokal ini memiliki ciri yang berkebalikan dengan pola hujan monsunal.

BACA JUGA: Jas Hujan Sekali Pakai, Amankah Digunakan?

“Pola curah hujan lokal memiliki ciri yang berkebalikan dengan pola hujan monsunal, yaitu saat wilayah pola hujan monsunal mengalami musim hujan, maka wilayah dengan pola hujan lokal mengalami musim kemarau,” jelasnya.[]

SUMBER: GRID


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline