Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Alasan Umar Senyebar Hoax Ijazah SMA Jokowi Palsu

0

Akhirnya polisi menciduk Umar Kholid Harahap (28 tahun) di kawasan Bekasi, Sabtu 19 Januari 2019, dini hari sekira pukul 00.30 WIB. Umar diciduk dikarenakan ia menyebarkan r berita bohong atau hoax soal ijazah Presiden Joko Widodo palsu.

Umar pada polisi mengaku menyebarkan kabar hoax tersebut dengan tujuan untuk memastikan apakah ijazah orang nomor satu di Indonesia tersebut benar-benar palsu atau asli.

Dari tangan pelaku, polisi menyita satu unit telepon genggam, dua buah sim card, satu akun Facebook dan satu e-mail.

BACA JUGA: Merajalela di Medsos, Buya Syafii: Medsos Dikuasai Orang Tak Waras dan Sumbu Pendek

Sebelumnya, di media sosial viral informasi menyebut ijazah SMA Presiden Joko Widodo palsu. Dalam akun Umar, Jokowi disebut bukan lulusan SMA Negeri 6 Solo seperti yang selama ini diketahui.

Ijazah Jokowi SMA dianggap palsu karena lulus pada 1980. Kemudian kabar viral menyebut SMAN 6 Surakarta tempat Jokowi bersekolah baru berdiri pada 1986.

Namun, apa yang telah Umar lakukan salah. Karena dalam akun itu, Umar malah memuat informasi kalau ijazah Jokowi palsu bukan mengklarifikasi. Padahal, kenyataannya ijazah tersebut asli tak seperti apa yang dituduhkannya.

BACA JUGA: Dituding soal Kampanye di 1.000 Titik, Sandi: Silahkan Cek Langsung ke KPU

Di lain pihak, sekolah yang dimaksud dalam ijazah itu sudah membenarkan dan menyebut bahwa ijazah Jokowi asli.

Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu 19 Januari 2019 menjelaskan bahwa “Ijazahnya Pak Jokowi adalah asli. Dan sesuai dengan penjelasan dari sekolah.

Umar telah posting informasi hoax itu di akun Facebook resminya. Dia diduga yang membuat informasi hoax itu sendiri. Hingga kini, Umar masih diperiksa intensif oleh pihak kepolisian atas perbuatannya tersebut.

“Yang bersangkutan sengaja menyebarkan berita hoax dengan menggunakan akun Facebooknya,” ucapnya..[]

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline