Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Asal-usul Piala Academy Awards Disebut Oscar

0
foto: google

INSPIRADATA. Perhelatan akbar Academy Awards 2017 atau yang lebih dikenal Piala Oscar yang dilaksanakan pada Minggu (26/2/2017) mengundang perhatian dunia. Pasalnya, Acara itu merupakan ajang apresiasi tertinggi terhadap bintang-bintang Hollywood.

Dikutip pikiran rakyat, Academy Award adalah perhelatan penghargaan tertinggi bagi para bintang Hollywood. Sejak 2013, Academy Awards secara resmi diubah namanya menjadi The Oscars. Hal ini merujuk pada Piala Oscar yang tersohor, yang diterima setiap bintang pemenang penghargaan.

Namun, sebenarnya mengapa piala penghargaan di ajang Academy Award disebut Oscar? Siapakah Oscar?

Seorang jurnalis, Skolsky Sidney, pernah menulis dalam kolom New York Daily News pada tahun 1934 terkait hal ini. Dia mengungkapkan seorang direktur eksekutif, Margaret Herrick pertama kali melihat piala berlapis emas itu pada tahun 1931 dan mengatakan bahwa sosok piala tersebut mengingatkannya pada pamannya yang bernama Oscar.

“Karena pernyataannya tersebut, para pekerja (pembuat piala-red) pun menyebut piala tersebut sebagai Oscar. Namun baru pada tahun 1939, Academy Awards secara resmi mengadopsi nama Oscar untuk piala tersebut,” tulisnya.

Namun, Skolsky kemudian mengklaim bahwa dirinya lah yang menciptakan istilah oscar yang terkenal itu. Hal ini seperti ditulisnya dalam biografinya ‘Don’t Get Me Wrong, I Love Hollywood’ pada tahun 1975. Dia menjelaskan, ia menyebut piala tersebut sebagai oscar pada beritanya yang ia tulis pada 1934 silam sebagai bentuk ejekan untuk Academy Awards,mengacu pada lelucon vaudeville kuno ‘Will you have a cigar, Oscar?’.

“Malam itu adalah malam Academy Awards pertama saya, ketika saya memberikan piala patung emas itu nama. Saya tidak pernah berusaha untuk membuat nama itu kemudian dilegitimasi. Keangkuhan acara Academy Awards menggangu saya. Dan saya ingin membuat patung piala itu seperti manusia,” tulis Skolsky dalam biografinya.

“Saya memberinya nama. Nama yang dapat menghapuskan kehormatan palsu mereka (piala-red). Saya teringat acara vaudeville yang saya tonton. Saat itu seorang komedian bercanda dengan pemimpin orkestra di panggung sambil berkata ‘Will you have a cigar, Oscar?’. Dan kemudian pemimpin orkestra itu mengambilnya, namun sang komedian mundur dan membuat statemen yang sangat lucu. Penonton menertawakan Oscar. Disitu saya mendapatkan ide,” ungkap Skolsky.

Dia menjelaskan, di tahun-tahun berikutnya ketika menulis dalam kolom, apapun yang menyangkut Academy Awards dirinya selalu menggunakan kata Oscar. Beberapa tahun kemudian, nama Oscar akhirnya diterima dengan digunakan sebagai nama Piala Oscar. “Ini membuktikannya sebagai nama yang magis,” ujarnya.

Meski begitu, bukan hanya Skolsky, namun terdapat sejumlah pengakuan lain terkait penyebutan nama Piala Oscar tersebut. Walt Disney menyebut piala patung kecil sebagai Oscar, dalam pidato kemenangannya ketika meraih penghargaan untuk film ‘The Three Little Pigs’ di tahun 1934. Tahun yang sama ketika Skolsky menuliskan tentang Oscar.

Selain itu, Aktris berkebangsaan Amerika Serikat Bette Davis juga mengklaim bahwa dirinya adalah orang yang memberikan nama bagi piala Academy Awards tersebut.

“Saya yakin bahwa sayalah yang pertama kali memberikan piala itu nama, ketika saya menerima penghargaan untuk penampilan saya di fil ‘Dangerous’ tahun 1955. Saat itu saya menikah dengan Harmon O. Nelson Jr. Selama beberapa tahun, saya tidak tahu nama tengah suami saya itu, sampai suatu hari saya mengetahui bahwa O itu adalah Oscar. Dan saya pikir, itu nama yang cocok untuk piala Academy Awards,” ucap Bette Davis. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline