Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Bahaya Posisi Duduk W Bagi Si Kecil

0 29

Apabila kita sedang bersantai dalam posisi duduk tentunya kita akan membuat posisi duduk yang paling nyaman. Contohnya seperti melipat kaki, membentangkan kaki, tegak atau posisi apapun yang terasa nyaman di tubuh. Begitu juga anak-anak, ketika mereka duduk dengan posisi tertentu biasanya karena sudah nyaman dan terbiasa dengan posisi tersebut.

Jika si kecil seringkali duduk dengan posisi W, ada yang berpendapat sebaiknya segera perbaiki posisi dengan cara duduk yang lain. Hal ini bukan tanpa alasan, karena posisi duduk W, menurut beberapa terapis fisik bisa membatasi kekuatan inti tubuh.

Posisi duduk W juga tidak melibatkan otot perut atau punggung, bisa menyebabkan otot sesak, terutama di kaki, pinggul tapi juga lutut dan pergelangan kaki. Terlalu lama duduk dalam posisi W dikhawatirkan bisa memicu menurunnya koordinasi dan keseimbangan otot.

Anak-anak di usia 3 hingga 6 tahun seringkali duduk dengan posisi W. Hal ini karena mereka memiliki fleksibilitas otot yang cukup tinggi. Biasanya, ketika usianya bertambah, anak akan tidak nyaman dengan posisi duduk tersebut dan menghilangkan kebiasaan tersebut.

Rachel Coley, seorang terapis, mengatakan anak yang duduk dengan posisi W biasanya karena ia merasa di posisi itulah tubuhnya merasa nyaman dan stabil. Bia mengontrol hal di sekitarnya, mengambil benda-benda dan tak kesulitan. Ini semacam tahapan, nantinya hilang akan dengan sendirinya.

Menurutnya, tidak masalah jika dibiarkan, tapi jika orangtua khawatir, bisa juga meminta anak untuk mengubah posisi duduknya. Tapi satu hal yang pasti, Coley berpesan, jika merasa ada ketidaknormalan atau janggal dalam kondisi kaki dan posisi duduk anak, untuk segera konsultasi dengan dokter.

Bisa dengan dokter anak atau langsung ke spesialis ortopedik anak. Hal ini agar jika terdapat masalah pada otot atau tulangnya, bisa cepat ditangani dengan baik. []

 

SUMBER: DREAM

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline