Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Bahayanya Tahan BAB Hingga Berjam-jam

0

Bagi Anda yang pernah menahan buang air besar pasti merasakan keringat dingin. Mungkin diantara Anda yang bertanya, mengapa bisa seperti itu?

Anish Sheth , MD, seorang dokter spesialis penyakit saluran cerna, ia menjelaskan. Bahwa saat menahan untuk buang air besar, gerakan usus besar merangsangn saraf vagus untuk berkonraksi.

BACA JUGA: Kenali Manfaat Kesehatan di Balik Gerakan Shalat

Yang dimaksud saraf vagus yaitu saraf kranial panjang yang membentang dari organ-organ perut, termasuk organ-organ di saluran pencernaan.

Saat saraf vagus berkontraksi agr feses tidak keluar dalam beberapa waktu, lama kelamaan saraf yang aktif ini juga merangsang keluarnya keringat dan membuat tubuh menjadi mengigil.

Hal tersebut juga menyebabkan tekanan darah dan detak jantung menjadi turun.

Menahan buang air besar ini sangat tidak dianjurkan, apalagi menahannya hingga berjam-jam. selain menjadi terasa tidak nyaman, menahan buang air besar juga dapat membahayakan kesehatan.

Pada jam pertama saat menahan buang air besar, perut Anda akan terasa seperti tertekan seperti saat Anda mengalami perut kembung.

Semakin lamam menahan buang air besar, feses akan semakin menumpuk di dalam perut. Timbunan feses ini akan membuat perut terlihat lebih buncit.

Saat Anda sedang mengeluarkan feses tersebut, Anda harus mengejan lebih keras agar feses bisa keluar. Dalam hal ini, Anda harus berhati-hati, karena hal tersebut dapat memicu robekan kecil pada anus.

BACA JUGA: 5 Penyebab Sembelit

Robeknya anus tersebut dapat mengakibatkan buang air besar berdarah.

inilah sebab tidak dianjurkannya menahan buang air besar terlalu lama. Daripada menahannya, lebih baik Anda segera pergi ke kamar mandi untuk buang air besar agar kesehatan Anda tetap terjaga.[]

SUMBER: HALLOSEHAT


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline