mengapa berlian mahal
Foto: Daily Mail

Ini Beberapa Fakta Mengapa Harga Berlian Sangat Mahal

Kilauan berlian tentu sangat menyilaukan khusunya bagi kaum wanita. Mayoritas dari mereka memang menyukai keindahan dan kemewahan yang disuguhkan batu mulia ini. Berlian juga dikenal dengan harganya yang fantastis.

Berlian yang mempunyai berat 1,5 kara saja bisa dijual mencapai kurang lebih Rp 290 juta. Harga sebuah berlian akan sebanding dengan nilai sejarah dan cara pengerjaanya.

Devi Chayadi, GG, AJP, pakar berlian PT. CMK menjelaskan, berlian mempunyai berbagai variasi dengan manfaat yang berbeda. Dulu berlian berasal dari negara India, namun saat itu belum populer.

Barulah pada tahun 1400, batu mulia ini mulai ke Eropa dan dijadikan sebagai aksesoris oleh masyarakat Eropa. Setelah tahun 1700 berlian mulai dicari oleh banyak orang. Setelah itu, pada tahun 1800 ditemukanlah berlian star of south Africa, inilah yang membuat berlian semakin populer dan orang-orang pun berlomba-lomba memiliki sahamnya.

“Dari Star of South Africa, mulailah berlian dibuat menjadi perhiasan seperti kalung, gelang, atau anting. Akhirnya banyak orang penasaran, seperti orang-orang dari Inggris langsung pergi ke Africa, untuk membeli patok. Bahkan, dulu prosesnya masih tradisional. Bukan seperti saat ini yang menggali tambang,” ujarnya melansir Vemale.com.

Devi pun menjelaskan terkait harga jual berlian yang sangat tinggi. Dikatakan Devi, berlian merupakan mineral alami yang tidak dimiliki batu-batuan lainnya di muka bumi. Berlian sendiri memiliki tiga kekuatan yakni kuat terhadap goresan, benturan, dan bisa di pakai dalam jangka lama. Bahkan berlian juga bisa bertahan dari suhu hingga 1300 derajat celcius dan tahan terhadap bahan kimia.

“Kimia karbon dengan presentase mencapai 99,95 persen yang dimiliki berlian, tidak mudah beraksi dengan kimia apapun. Serta kemampuannya memantulkan cahaya,” tambahnya.

Proses asahan merupakan salah satu bagian terpenting untuk membentuk kilau berlian. Bagian ini terpenting karena jika tidak diasah berlian sebesar apapun tidak akan berlian karena tidak mengeluarkan kilau indahnya yang disebut beauty of diamond.

Berlian sendiri, terbentuk jauh di dalam bumi. Kedalaman ini mencapai 1400 kilometer di bawah permukaan laut, dengan tekanan hingga 60 ribu kilobar. Setelah jutaan tahun berlalu, oleh tekanan dan pergeseran perut bumi barulah berlian secara perlahan terdorong naik ke permukaan.

“Walaupun sangat keras, bukan berarti berlian tidak bisa pecah. Berlian akan hancur berkeping-keping jika terbentur pada ‘weak point’ atau titik lemahnya,” tutupnya. []

 

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *