kopi, Ini Beda-Beda Macam Kopi
Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Beda-Beda Macam Kopi

0

Anda pecinta kopi? Mungkin, beberapa nama kopi satu ini tak asing bagi Anda. Namun bisa diterka bahwa Anda tidak tahu betul makna dan bedanya.

Seperti dilansir Republika dari Coffeenerds, beberapa ini ada penjelasan untuk memperkaya pengetahuan kita soal kopi:

Latte

Latte adalah istilah yang pertama populer di Amerika Utara. Di Eropa, latte akan cenderung dianggap sesuatu yang hanya diperuntukkan bagi anak-anak Anda. Atau pengopi yang masih sangat belia.

BACA JUGA: Berlebihan Minum Kopi Bikin Tulang Keropos

Banyak orang membingungkan latte dengan cappucino. Latte adalah espresso dalam kombinasi dengan susu yang dihangatkan dengan uap air (semacam dikukus). Untuk memberikan gambaran tentang rasio bahan, perbandingan ideal kopi dan susu adalah 16:2.

Seorang barista yang baik akan menggabungkan busa, hasil dari kukusan susu, dan espresso bersama-sama. Hal ini memberikan minuman campuran dengan rasa dan tekstur yang sungguh yummy.

Espresso

Ingat, namanya espresso, bukan expresso. Ini adalah kopi bubuk yang sangat halus yang dikemas menjadi portafilter dan dimasukkan ke dalam mesin espresso. Air yang dipanaskan sampai 190-197 derajat Fahrenheit ditekan di bawah 8-10 tekanan atmosfer melalui portafilter kopi halus untuk menghasilkan 1-2 ons espresso.

Cara yang baik untuk mengetahui apakah espresso Anda berkualitas tinggi atau tidak bisa dilihat dari warna dan konsistensi krimnya. Jika Anda menambahkan gula, tuang di atas krim selama 15-30 detik.

Cappuccino

Minuman ini sering dibingungkan dengan latte, tapi pada dasarnya mereka adalah minuman yang berbeda. Cappuccino umum adalah dibuat dalam sepertiga proporsi. Ini berarti cappucino yang tepat adalah sepertiga espresso, sepertiga susu yang dikukus, dan sepertiga busa susu.

Espresso dan susu kukus dituangkan bersama-sama, baru diakhiri dengan busa di atasnya.

BACA JUGA: Turunkan Berat Badan dengan Minum Kopi setelah Sarapan

Cafe Au Lait

Apa lagi ini? Ini adalah minuman yang dibuat dari 50 persen kopi hitam dan 50 persen susu murni. Seorang barista yang berpengalaman hanya akan membuat minuman ini dari kopi kualitas prima dengan susu murni yang segar, bukan kemasan. []

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.