, Ini Cabai Paling Pedas di Dunia
Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Cabai Paling Pedas di Dunia

0
, Ini Cabai Paling Pedas di Dunia
Foto: FOX News

INSPIRADATA. Cabai dan sambal, dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tapi bagi sebagian orang, menyajikan sambal ketika makan, itu juga tak bisa dipisahkan.

Meski rasa sambal itu sudah pedas, bikin badan berkeringat dan kadang melilit perut, ternyata ada jenis cabai yang diklaim paling pedas sedunia.

Pada tahun 1912, seorang farmasi Amerika bernama Wilbur Scoville menciptakan satuan untuk mengukur kepedasan cabai. Ukuran itu bernama Scoville Heat Units (SHU).

Di dalam cabai terkandung zat capsaicin, yaitu suatu bahan kimia yang menyebabkan rasa kebal dan sensasi terbakar pada lidah. SHU menunjukkan jumlah capsaicin yang terkandung dalam sebuah cabai. Nah, berikut ini adalah lima cabai terpedas berdasarkan satuan Scoville sebagaimana disitat dari Intisari.

1. Trinidad Moruga Scorpion

Cabai yang berbentuk sebesar biji golf ini tingkat kepedasannya mencapai 2.009.231 SHU. Satu gigitan cabai ini saja sudah cukup membuat lidah terasa terbakar. Zat capsaicin yang terkandung di dalamnya mampu menembus bahan lateks. Bisa dibayangkan bukan betapa pedasnya? Sesuai dengan namanya, cabai ini berasal dari republic Trinidad dan Tobago tepatnya di wilayah Moruga.

2. 7 Pod Douglah

Cabai ini berasal dari tempat yang sama dengan Trinidad Scorpion. Tingkat kepedasannya mencapai 1.853.396 SHU. Satu pot cabai ini dapat membuat tujuh pot rebusan.

3. Trinidad Scorpion Butch T

Pada 2011, cabai ini sempat menjadi cabai terpedas dalam rekor dunia. Namun kini telah dikalahkan oleh cabai 7 pod dan Trinidad Moruga. Tingkat kepedasannya sebesar 1.463.700 SHU.

4. Naga Viper Pepper

Tingkat kepedasan pada cabai ini berjumlah 1.359.000 SHU. Cabai yang tumbuh di Inggris ini merupakan hasil persilangan dari tiga jenis cabai terpedas. Menurut laporan Fox News, cabai ini akan sangat menyiksa ketika dimakan. Sensasi pedasnya akan membuat lidah terasa kebas dan membakar perut.

5. Berbagai varietas 7 Pod lainnya (Red Giant, Barrackpore, SR Strain, Primo, Jonah, Brain Strain, Yellow)

Cabai-cabai ini memiliki tingkat kepedasan di peringkat kelima yaitu sebesar 1.000.000 – 1.300.000 SHU.

Apakah Anda tertarik mengonsumsi cabai tersebut? []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.