Ini Cara Bijak Menjawab Pertanyaan Anak

menjawab-anakINSPIRADATA. Pendidikan keluarga adalah yang utama. Maka, orang tua harus siap menjadi guru dan orang yang serba tahu, karena anak pasti akan banyak bertanya kepadanya. Kadangkala pertanyaan-pertanyaan anak begitu sulit untuk dijawab. Orang tua pun seolah menjadi serba salah. Bagaimana cara untuk menyikapinya?

Disarikan dari Sukses Mendidik Anak dengan Qalbu, berikut ini cara bijak menjawab pertanyaan anak:

  1. Jawab dengan jujur. Sampaikan dengan bahasa yang bisa dicerna oleh anak. Utamakan kejujuran karena itu akan sangat berpengaruh pada pembentukan kepribadiannya juga.
  2. Jangan berkata, “Tidak tahu.” Perkataan tersebut dikhawatirkan dapat menumpulkan sifat kritis anak.
  3. Menggunakan bahasa sederhana. Gunakan bahasa yang sesuai dengan usia anak, agar dia dapat memahami jawaban kita. Hindari kata-kata yang membingungkan anak.
  4. Mencari tahu. Jika ada jawaban atas pertanyaan anak yang tidak kita ketahui. Dalam prose itu juga akan terjalin kedekatan anak dengan orang tua.
  5. Beri kail, bukan ikan. Maksudnya, sebelum menjawab pertanyaan anak, rangsanglah ia untuk menyampaikan pendapatnya sendiri terlebih dahulu. Dengan demikian, orang tua dapat mengetahui perkembangan pengetahuan anak.
  6. Tidak berbelit-belit. Fokuskan jawaban. Gunakan kata-kata yang sederhana dan tidak berlebihan atau kalimat yang terlalu panjang. Ini hanya akan membuat anak kesulitan mencerna jawaban dan bisa menimbulkan kebingungan,
  7. Bersikap tenang. Jangan panic jika pertanyaan anak menyerempet bahaya, misalnya jika anak bertanya tentang seks. Orang tua harus bisa bersikap tenang dan memberikan jawaban yang bijak sesuai dengan ketentuan yang sudah diuraikan diatas. Jika tidak demikian, dikhawatirkan anak akan merasa penasaran dan mencari jawaban di luar yang mungkin saja dapat menyesatkannya.
  8. Hargai pertanyaan anak. Seremeh apapun pertanyaan itu, hargailah. Sebab, pertanyaan itu menunjukkan keingintahuannya. Keingintahuan itu menunjukkan bahwa anak memiliki kepedulian terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Tanamkan sikap menghargai pada anak, agar ia juga bisa menghargai orang lain nantinya.
  9. Tak perlu marah. Jika anak bertanya pada situasi tertentu yang membuat anda malu atau bahkan marah, anda harus mampu mengontrol emosi, apalagi bila itu terjadi di depan umum. Bimbing anak untuk meminta maaf, dan tetap berikan penjelasan dengan cara yang baik terhadapnya.

Demikian, tips yang dapat diterpakan orang tua dalam menyikapi pertanyaan anak. Orang tua sebaiknya siap menghadapi pertanyaan-pertanyaan tersebut kapan pun dan dimanapun.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Inilah Bahaya Hidup Sengsara

Adapun ketika kita mengalami kesengsaraan yang luar biasa, frutasi akan sangat mungkin menghampiri kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *