foto: jawa pos

Ini Cara Gubernur Jambi Agar Seperti Bukber di Mekkah Terus

INSPIRADATA. Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menggambarkan momen yang tak terlupakan saat di Mekkah –hamparan kain putih, kurma dan sajian air zam-zam pada Bulan Ramadhan setiap sore menjelang berbuka.

“Warga Mekkah setiap sore menggelar kain putih, di atasnya ada kurma dan air zam-zam untu takjil kaum muslimin yang tengah dalam perjalanan. Semua tidak saling kenal namun di tempat itu mereka bersatu dan saling menyambung silaturahim,” kata Zumi Zola di sela-sela buka puasa bersama elemen masyarakat Jambi di kediamannya, Selasa (06/06/2017) lansir Antara.

Ia menyebutkan, kebiasaan warga Mekkah perlu diterapkan di Tanah Air. Mereka menyiapkan makanan takjil bagi siapa pun tanpa mengenal kelompok, warna negara atau batasan lainnya.

“Di sini tidak ada air zam-zam , namun saya gelar kain putih dan ada kurma untuk takjil. Itu momen yang paling saya terkesan dan tak terlupakan,” katannya.

Pada kegiatan yang digelar di rumah dinasnya, di tepian Sungai Batanghari dan Jembatan Gentala Arasy itu, Zola menjadi tuan rumah bagi sekitar 500-an orang undangan yang hadir pada acara yang juga diisi dengan tausiyah dari Dr Kasvul Anwar tersebut.

Pada kesempatan itu, Guberur Jambi mengajak warga Jambi untuk memaknai Bulan Ramadhan, salah satunya dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, memakmurkan mesjid, memperbanyak zakat, amal dan mengisi dengan kegiatan produktif untuk kemaslahatan orang banyak.

“Ramadhan merupakan bulan berkah, dan hendaknya diisi dengan kegiatan yangg produktif dan barokah. Bulan ini untuk meningkatkan kesetiakawanan dan memperbanyak silaturahim,” kata Zola.

Selain itu, ia juga mengajak untuk melakukan introspeksi diri yang merupakan suatu sikap positif untuk mendapatkan inspirasi untuk mendapatkaan hal yang lebih baik dan lebih berkualitas. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *