Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Ciri Muslim yang Ingin Memecah Belah Ukhuwah

0 7

Manusia diciptakan berbeda-beda, maka tidak heran jika manusia sering berbeda dalam berpendapat. Perbedaan pendapat juga terjadi pada sesama umat muslim. Dan hal itu sebaiknya disikapi sewajarnya saja terjadi.

Masalahnya, saat ini banyak sekali muslim yang dengan gampangnya menyalahkan (bid’ah) suatu perkara yang dikerjakan muslim lainnya. Bahkan sampai ada yang berani mengafirkan saudara sesama muslim.

Ini sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, jika dulu Rasulullah SAW sibuk mengislamkan manusia, kita di zaman ini malah sibuk mengafirkan sesama muslim?

Sebenarnya, suatu perkara menjadi bid’ah atau tidak itu sudah ada ketentuannya.

Dikatakan Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu rahimahullah, “Bid’ah di dalam agama adalah penambahan atau pengurangan dalam [ajaran] agama.”

Allah ta’ala telah berfirman sebagai pengingkaran atas bid’ah yang dilakukan orang-orang musyrikin, “Apakah mereka memiliki sesembahan selain Allah yang menetapkan agama yang tidak diizinkan Allah?” (QS. Asy Syura: 21).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang mengada-adakan perkara baru dalam perkara kami ini yang bukan bagian darinya, maka amalannya tertolak,” (Muttafaqun ‘alaihi).

Jadi sudah jelas jika yang dikatakan bid’ah adalah menambah atau mengurangi dari ajaran agama yang sudah ditentukan Allah. Dan jika diantara muslim berbeda pendapat, maka sebaik-baiknya solusi harusnya dikembalikan kepada Al-Quran dan Hadits.

Wallahua’lam Bishawab. []

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline