Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Cirinya Jika Anda Benar-Benar Punya Pemikiran “Out of The Box”

0 42

Pemikiran “Out of the Box” atau berpikir di luar kotak pertama kali diperkenalkan oleh Henry Ernest Dudeney, seorang matematikawan asal Inggris, melalui sebuah teka-teki yang dia ciptakan.

Selain Henry, Edward de Bono juga menyebutkan bahwa berpikir di luar kotak sebagai cara berpikir lateral (ke sisi, meluas). Anda tak akan bisa menemukan sesuatu yang baru, sesuatu yang tak pernah ditemukan sebelumnya, sesuatu yang belum pernah dialami, jika Anda masih saja berpikir dengan cara yang sama.

BACA JUGA: Beginilah Cara “Think Outside The Box”

Tak hanya bisa dilihat dari ide-idenya yang cemerlang, mereka yang kreatif dan selalu berpikir Out of the Box juga memiliki kepribadian yang unik. Berikut tanda-tandanya:

1. Punya rasa ingin tahu yang tinggi

Mereka yang memiliki pemikiran Out of the Box, rasa ingin tahu yang tinggi menjadi salah satu cirinya.

Rasa ingin tahu yang tinggi membuat mereka mencari solusi dan berbagai macam kiat untuk mewujudkan apa yang mereka ingikan. Saat mereka mempunyai rencana, mereka akan mencari informasi sebanyak mungkin dengan melalui berbagai macam cara.

BACA JUGA: Secangkir Teh Bisa Bikin Kita Kreatif

2. Penuh dengan imajinasi

Orang-orang yang bisa disebut kreatif adalah mereka yang mempunyai daya imajinasi, dimanapun mereka berada.

Saat melihat suatu hal, mereka akan melihatnya secara mendetail yang kemudian bisa memunculkan imajinasi dan ide-ide baru. Jika Anda adalah orang yang mudah berimajinasi dan memunculkan ide baru, fix berarti Anda adalah orang yang kreatif!

3. Ajeg

Berpikir di luar kotak artinya berpikir berbeda dengan yang lainnya. Saat banyak orang berpikir untuk melakukan cara A, mereka yang berpikir di luar kotak tidak akan terpengaruh.

Mereka akan mencari jalan lain yang menurut mereka benar dan sesuai dengan apa yang mereka pikirkan atau yang ingin mereka capai. Meskipun banyak saran untuk melakukan cara A, mereka tak akan terpengaruh.

Related Posts

4. Selalu mencari cara efektif

Selain tak mudah terpengaruh oleh pemikiran orang lain, mereka selalu berusaha untuk mencari cara paling efektif dengan hasil yang positif.

Mencari jalan lain yang -mungkin- tak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Cara efektif yang bisa menghasilkan lebih banyak namun mudah untuk dilakukan. Memikirkan berbagai cara dan kemungkinan untuk meraih apa yang mereka inginkan.

BACA JUGA: Fakta Estonia, Negara Paling Modern dan Inovatif di Dunia

5. Punya banyak sudut pandang

Salah satu tanda yang paling bisa diamati dari mereka yang berpikir di luar kotak, mereka punya banyak sudut pandang ketika menentukan sebuah pilihan atau memandang sesuatu.

Kemampuan melihat dari banyak sudut pandang ini tak lepas dari pengalaman dan kebiasaan mereka yang sering melihat suatu hal secara “berbeda”. Mencerna sesuatu dari banyak sisi yang kemudian disaring menjadi sebuah ide baru yang cemerlang, inilah keahlian mereka yang berpikir out of the box!

6. Pantang menyerah

Bagi mereka, kegagalan bukan menjadi alasan untuk menyerah. Ketika rencana A belum membuahkan hasil, mereka masih punya rencana B hingga Z yang siap untuk direalisasikan.

Mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan dengan banyak cara yang tak terduga sebelumnya.

BACA JUGA: Inovasi Teknologi: Semangat Ilmuwan Muslim sejak Dahulu

7. Spontan dan fleksibel

Mereka adalah orang-orang fleksibel nggak pernah ribet tentang suatu ide. Karena memang kepala mereka dijejali dnegan banyak imajinasi dan ide kreatif yang siap untuk ditumpahkan.

Mereka biasa mengeluarkan ide secara spontan. Bahkan ketika ngobrol biasapun tanpa sadar banyak ide-ide segar yang telah mereka ungkapkan. []

SUMBER: INOVASEE

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline