Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Dia 4 Fakta Unik Tentang Garam

0 120

Anda pasti tidak akan asing dengan yang namanya garam. Garam adalah salah satu bahan yang wajib ada di dapur Anda. Garam yang Anda ketahui ini adalah sebuah bahan yang memilki rasa asin dan berwarna putih.

Namun selain itu, ada beberapa fakta lainnya yang berkaiatan dengan garam yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut kami sampaikan beberapa fakta yang unik dan menarik mengenai garam:

BACA JUGA: Inilah Fakta-fakta Soal Garam

1. Harga garam di abad pertengahan

Tidak seperti sekarang, di abad pertengahan harga garam sungguh mahal. Hal ini membuat garam benar-benar menjadi barang mewah sehingga disebut sebagai emas putih. Hal ini terus terjadi karena produksi garam pada saat itu masih minim bahkan ada transport khusus untuk jalur garam ini sendiri.

Dan transport ini masih dijaga hingga sekarang di negara Jerman untuk dijadikan situs bersejarah. Bahkan di Ethiopia pada zaman dulu, garam ini bisa dijadikan sebagai alat pembayaran dan juga alat untuk barter, dari sini bisa dilihat betapa berharganya garam di masa tersebut.

2. Garam hitam

Di dunia ini ada banyak jenis garam yang kita ketahui mulai dari kualitas garam biasa hingga yang terbaik. Dan semua garam tersebut adalah garam yang memiliki warna putih. Namun ternyata ada fakta yang unik berkaitan dengan garam ini, yaitu adanya garam berwarna hitam.

Mungkin Anda asing dengan garam ini. Ternyata garam ini adalah garam yang bisa didapatkan dengan pencampuran antara garam putih dengan logam Havard. Setelah pencampuran ini, ada sebuah endapan yang berwarna hitam yang biasa disebut dengan garam hitam. Rasanya sama dengan garam putih, namun yang membedakan hanyalah warna garamnya saja. 

BACA JUGA: Atasi Sariawan dengan Cara Alami Kumur Air Garam

3. Padang garam

Ternyata untuk mendapatkan garam, Anda tidak perlu memproduksinya dari air laut dengan kandungan garam yang tinggi saja. Anda bisa langsung mendapatkan garam di padang garam, di sana ada garam yang melimpah. Padang garam ini berada tengah-tengah padang pasir. Padang garam seperti ini bisa Anda temui di daerah Bolivia, khususnya di sebuah tempat bernama Salar de Uyuni.

4. Konsumsi garam

Garam seperti yang kita ketahui adalah salah satu bahan yang mengandung mineral yang tinggi. Hal inilah yang membuat garam menjadi penting bagi kesehatan. Konsumsi garam tentunya harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Jika konsumsi garam sangat sedikit, maka seseorang bisa menderita penyakit kekurangan natrium atau yang disebut dengan Hiponatriemia yang cukup fatal. Namun jika konsumsinya terlalu banyak, juga akan menimbulkan penyakit yang juga parah. Sehinga Anda benar-benar harus bisa menjaga asupan garam yang masuk ke dalam tubuh Anda. []

 

SUMBER: SEGIEMPAT

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline