mitos bayi ileran
Foto : Hello Sehat

Ini Dia! Cara Cerdaskan Anak Sejak Dalam Kandungan

Semua orang tua pasti ingin anaknya menjadi orang yang cerdas. Tak ada orang tua yang ingin anaknya menjadi orang yang bodoh.

Orang tua pun akan melakukan beberapa cara agar sang anaknya tersebut bisa menjadi orang yang cerdas.
Kita pasti dengar bahwa mengkonsumsi ikan sejak hamil bisa membuat sang anak bisa menjadi cerdas. Namun, apakah benar? Ternyata memang benar hal tersebut.

Sebuah penelitian dari Spanyol menunjukkan bahwa ketika ibu hamil mengkonsumsi tiga porsi besar ikan setiap minggu selama kehamilan, maka akan memberikan manfaat bagi otak anak-anak selama bertahun-tahun yang akan datang.

Penelitian tersebut melibatkan sekitar 2000 ibu hamil dari trisemester pertama kehamilan hingga anak-anak mereka berusia lima tahun. Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengkonsumsi ikan lebih banyak saat kehamilan memiliki peningkatan fungsi otak yang lebih baik, dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya lebih sedikit mengkonsumsi ikan selama kehamilan.

Ketika sang ibu mengkonsumsi ikan rata-rata 600gr setiap minggu selama kehamilan pun tidak akan menunjukkan efek negatif dari adanya merkuri atau polutan lain dari ikan. Para peneliti mengungkapkan melalui medicaldaily.com bahwa laut merupakan sumber dari nutrisi penting untuk perkembangan otak.

Keterkaitan antara konsumsi ikan yang tinggi oleh ibu hamil dengan perkembangan otak anak-anak ditunjukkan dengan jelas saat anak-anak mereka mencapai usia lima tahun. Para peneliti juga melihat adanya penurunan konsisten dalam sifat autisme spektrum terkait dengan peningkatan konsumsi ikan pada ibu hamil.

Para peneliti pun menyarankan bahwa ibu hamil sebaiknya menghindari ikan dengan kandungan merkuri tinggi seperti ikan lele, ikan hiu, ikan todak, ikan makarel dengan ukuran besar. Biasanya ikan-ikan tersebut memiliki rentang hidup yang lebih lama dan cenderung memiliki konsentrasi merkuri dalam tubuhnya. []


Artikel Terkait :

About Nuryani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *