Shalat Awal Waktu
Shalat Berjamaah

Ini Dia Keutamaan-keutamaan Shalat Berjamaah bagi Laki-laki

Shalat berjamaah dilakukan terdiri dari dua orang tidak boleh kurang, yaitu terdiri dari imam dan makmum. Dimana seorang makmum hanya diperbolehkan untuk mengikuti imamnya dan tidak diperbolehkan untuk mendahului setiap gerakannya.

Rasulullah SAW pernah bersabda : “Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh aku bermaksud hendak menyuruh orang-orang mengumpulkan kayu bakar, kemudian menyuruh seseorang menyerukan adzan, lalu menyuruh seseorang pula untuk menjadi imam bagi orang banyak. Maka saya akan mendatangi orang-orang yang tidak ikut berjama’ah. Lantas aku bakar rumah-rumah mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu sholat yang dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah adalah shalat wajib (seperti shalat lima waktu dan shalat jum’at) maupun shalat sunnah (seperti shalat hari raya, shalat tarawih, shalat witir, dan shalat istisqa’, shalat gerhana, dan shalat jenazah)

1. Barangsiapa yang melakukan shalat berjamaah niscaya akan terhindar dari gangguan syaitan
Rasulullah SAW bersabda : “Tidaklah tiga orang di suatu desa atau lembah yang tidak didirikan shalat berjamaah di lingkungan mereka, melainkan setan telah menguasai mereka. Karena itu tetaplah kalian (shalat) berjamaah, karena sesungguhnya serigala itu hanya akan menerkam kambing yang sendirian (jauh dari kawan-kawannya).” (HR. Abu Daud dan An-Nasa)

2. Allah akan menaunginya di hari kiamat kelak
Rasullulah SAW pernah bersabda : “Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: imam yang adil, pemuda yang tumbuh dalam berubadah kepada Rabb-nya, seseorang yang hatinya bergantung di masjid-masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah berkumpul dan berpisah karena-Nya, seseorang yang diinginkan (berzina) oleh wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan, maka ia mengatakan, “Sesungguhnya aku takut kepada Allah”, seseorang yang bersadaqah dengan sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang di nafkahkan oleh tangan kanannya, dan seseorang yang mengingat Allah dalam keadaan sepi (sendiri) lalu kedua matanya berlinang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Allah SWT akan menghapuskan kesalahan-kesalahan bagi mereka yang shalat berjama’ah serta akan meninggikan derajat mereka.
Rasulullah SAW bersabda: “Maukah aku tunjukkan kepada kalian tentang perkara yang akan menghapuskan kesalahan-kesalahan dan juga mengangkat beberapa derajat?” Para sahabat menjawab, “Tentu, wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Menyempurnakan wudhu’ pada saat yang tidak disukai, banyak yang melangkah ke masjid-masjid, dan menunggu shalat setelah melaksanakan shalat. Maka, itulah ar-tibath (berjuang di jalan Allah).” (HR. Muslim) []


Artikel Terkait :

About Fickry Augustri

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *