Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Dia Manfaat Obat Kumur

0 11

Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, Anda tentu perlu menyikat gigi. Setelah menyikat  gigi, mungkin beberapa di antara Anda ada yang terbiasa berkumur menggunakan obat kumur. Obat kumur memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1 . Mengatasi Bau Mulut
Inilah manfaat  yang paling banyak diketahui oleh masyarakat. Bahwa obat kumur sangat berguna untuk mengatasi bau mulut. Hal itu karena dalam obat kumur terdapat kandungan metil salisilat dan juga chlorhexidine glukonat yang berguna untuk membunuh bakteri yang ada dalam mulut.

Selain itu, beberapa kandungan dalam obat kumur juga bisa menyegarkan mulut sehingga mengurangi bau mulut yang Anda derita.

BACA JUGA: Benarkah Cokelat Berdampak Buruk bagi Gigi?

2 . Obat antiseptik
Jika Anda menderita penyakit gigi atau gusi setelah gigi Anda dicabut, Anda bisa memakai obat kumur ini sebagai obat antiseptik. Obat kumur ini mampu mencegah bakteri berkembang di gigi dan mulut Anda.

Selain itu, obat kumur juga berguna untuk menghilangkan plak atau karang gigi yang berkembang di cela-cela antara gigi dan gusi Anda.

3 . Pencegah gigi berlubang
Obat kumur ini memang memiliki fluroide yang berguna untuk mencegah kerusakan gigi. Namun jika terlalu banyak, penggunaan fluroide akan menyebabkan email gigi yang menjadi rusak dan tipis.

Untuk itu, sebelum Anda berkumur, pastikan obat kumur tersebut Anda campurkan dengan air terlebih dahulu. Dengan begitu, efek samping dari fluroide ini tidak akan menipiskan email gigi Anda dan bahkan bisa mencegah terjadinya gigi berlubang.

BACA JUGA: Kapan Waktu Terbaik Mengganti Sikat Gigi?

4 . Mengatasi mulut kering
Mulut yang kering pasti akan berdampak pada bau mulut yang akan menyerang Anda. Untuk itu, dengan penggunaan obat kumur setiap setelah gosok gigi akan menyebabkan mulut Anda menjadi lembap dan pastinya tidak akan terjadi bau mulut.

5 . Menghilangkan plak atau karang gigi
Dengan beberapa kandungan yang ada di dalam obat kumur, membuat plak atau karang gigi yang ada di gigi akan tipis dan bahkan bisa menghilangkan plak gigi. Tetapi karang gigi yang terdapat pada gigi Anda tersebut bisa hilang asal Anda menggunakannya dengan benar dan tetap rutin menggunakan obat kumur.

Selain itu, setiap selesai makan pastikan Anda juga menggosok gigi agar sisa-sisa makanan yang terdapat di gigi Anda tidak hilang dan tidak menyebabkan plak. []

 

BERBAGAI SUMBER

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline